in

4 Manga Terbaik Akira Toriyama Selain Dragon Ball

10-manga-akiratoriyama

Toriyama mungkin dikenal hari ini sebagai sosok di balik kesuksesan Dragon Ball dan anime-nya, Dragon Ball Z. Namun tidak banyak yang tahu bahwa sebelum itu, manga Toriyama yang lebih dulu terkenal adalah Dr. Slump.

Awalnya Toriyama diberikan proyek oleh editornya untuk membuat manga dengan tokoh utama perempuan, berjudul Tomato, Girl Detective. Toriyama enggan membuat manga ini, terutama karena dia merasa dirinya tidak pandai menggambar karakter perempuan. Namun ia tetap mengerjakannya dan pada akhirnya manga justru diterima dengan baik.

Setelah Tomato, Girl Detective, dia terus membuat manga lain dengan sosok protagonis perempuan, Dr. Slump. Inilah manga yang mengukuhkan Toriyama sebagai bintang yang sedang naik daun di industri manga, dan memberinya ketenaran serta penghargaan yang luar biasa. Ini adalah cikal bakal dari kesuksesannya yang lebih besar lagi, yaitu Dragon Ball.

Namun dibalik ketiga judul manga tersebut, ternyata Akira Toriyama juga menciptakan beberapa judul manga lain yang tidak kalah bagus. Berikut daftarnya.

1. Cowa!

cowa-toriyama

Cowa! merupakan manga yang tidak berseri namun disajikan langsung dalam empat belas chapter dan dikumpulkan dalam satu tankobon.

Ceritanya tentang dua monster kecil dan seorang manusia saat mereka melakukan perjalanan keluar dari desa mereka untuk mencari obat yang dapat menyelamatkan keluarga mereka dari virus flu yang menyebar dan mematikan.

Semuanya berawal ketika muncul Monster Flu dan menyerang kota. Suasana di kota itu pun berubah, tidak ada lagi kesenangan dan sukacita. Jika monster yang sakit tidak mendapatkan obat yang mereka butuhkan dalam sebulan, semua orang akan mati. Paifu dan José melakukan petualangan besar, tetapi apakah mereka akan mendapatkan obatnya tepat waktu atau akankah mereka sendiri yang menjadi korban?

Manga yang ringan ini cukup menghibur untuk dibaca oleh dewasa maupun anak-anak.

2. Dr. Slump

Dr.-Slump-toriyama

Sebelum Dragon Ball, manga yang menaikkan nama Akira Toriyama adalah manga komedi, Dr. Slump. Mengikuti petualangan robot android muda bernama Arale, serial manga unik ini membantu meletakkan dasar humor ala Toriyama yang sering muncul di Dragon Ball.

Manga Dr. Slump menceritakan kejenakaan seorang ilmuwan bernama Senbei Norimaki dan penemuannya adalah gadis robot bernama Arale. Kisah lucunya berasal dari kenaifan Arale dan bagaimana hal itu berbenturan dengan kekuatan manusia supernya, yang mengarah ke beberapa situasi lucu.

Dr. Slump adalah hiburan anak-anak yang sempurna, menampilkan penemuan-penemuan aneh, hewan antropomorfik, dan perpaduan komedi konyol dengan rasa manis yang menyentuh hati.

Meskipun tidak sepopuler Dragon Ball, Dr. Slump memungkinkan Akira Toriyama menjadi lebih nyaman untuk berprofesi sebagai mangaka. Jika bukan karena petualangan Arale, kemungkinan besar Dragon Ball juga tidak akan pernah ada.

3. Sand Land

Sand-land-toriyama

Sand Land diterbitkan pada tahun 2000, merupakan manga dengan kisah yang tidak biasa di mana seorang lelaki tua dan seorang pangeran iblis bertanya-tanya di sekitar gurun untuk menemukan mata air. Toriyama sering menyebutkan bahwa dia suka menggambar orang tua dan manga ini menunjukkan keahliannya dalam menggambarkan sosok mereka.

Manga Sand Land terdiri dari empat belas bab yang dikumpulkan menjadi satu manga tankobon (monograf).

Dikisahkan seorang raja serakah yang memonopoli pasokan air dunia yang terbatas, dan seorang detektif bernama Rao pergi mencari pasokan air dan berusaha menjatuhkan raja dari monopolinya. Rao bekerja sama dengan dua iblis untuk menyelesaikan pencariannya.

Desain karakter, tanah dan kendaraan, menampilkan pendekatan unik Toriyama terhadap seni dan desain yang sangat indah. Meskipun tidak sesukses Dragon Ball tetapi Sand Land dapat diterima dengan baik oleh penggemar dan kritikus , yang menyukai seni dan tokoh di dalamnya.

4. Kajika

kajika-toriyama

Kajika adalah serial manga yang dibuat oleh Akira Toriyama pada tahun 1998, terdiri dari 12 bab dan diterbitkan di beberapa negara.

Kajika mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Kajika, yang melakukan perjalanan ke seluruh dunia agar dapat kembali menjadi anak laki-laki normal.

Kajika dulunya sangat jahat dan bisa membunuh rubah yang tidak berdaya ketika dia masih kecil. Namun, akhirnya dia dikutuk dan berubah menjadi anak rubah. Untuk dapat kembali normal, dia harus keliling dunia dan menyelamatkan 1.000 jiwa. Sebuah cerita pendek tapi menghibur, serta menerima banyak pujian dari para kritikus karena struktur dan gaya penulisannya yang menyenangkan.

Written by Jeffry

A Techno lover!

fakta-boku-no-hero-academia

10 Fakta Boku no Hero Academia Yang Wajib Kamu Tahu

game-nomor-1-playstore

Daftar Game Nomor 1 Di Playstore Indonesia (2021)