April 14, 2024
AshefaNews, Portal Berita Terupdate dan Terpercaya untuk Penuhi Kebutuhan Informasi

AshefaNews adalah portal berita terupdate dan terpercaya yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan informasi seputar topik yang sedang hangat dibicarakan, terutama di Indonesia sendiri. Portal berita ini hadir dengan membawa isi berita yang aktual dan dapat dipercaya.

Tentunya disaat ini, anda harus lebih hati-hati dalam memilah informasi atau berita dari suatu sumber. Hal ini berkaitan dengan maraknya berita hoax yang gampang menyebar di masyarakat. Bahkan beberapa masyarakat masih belum paham mengenai hal penyaringan berita hoax di internet.

Pada artikel ini, selain memperkenalkan AshefaNews sebagai portal berita yang direkomendasikan untuk membaca berita terupdate dan terpercaya, akan dibahas juga mengenai beberapa ciri dari berita palsu atau hoax.

Apa Saja Ciri dari Berita Hoax yang Tersebar di Internet?

AshefaNews, Portal Berita Terupdate dan Terpercaya untuk Penuhi Kebutuhan Informasi
Sebagai bekal untuk anda ketika berselancar di sosial media maupun jejaring internet lainnya, berikut ini beberapa ciri berita hoax yang bisa menjadi pedoman anda dalam membaca berita yang anda temui. Tentunya dengan mengetahui ini, anda akan terhindar dari informasi palsu yang tentunya meresahkan.

Lalu apa saja ciri dari berita hoax? Inilah beberapa diantaranya.

1. Judul terlalu provokatif
Faktanya, hampir setiap organisasi atau perusahaan berita mencoba menggunakan judul dengan cara yang semenarik mungkin agar orang dapat melihat kontennya.
Namun, ciri utama dari konten yang menipu adalah penggunaan headline yang sangat provokatif yang mencoba mempengaruhi opini orang, dan cenderung lebih bersifat clickbait.

2. Sumbernya tidak jelas
Ini adalah ciri yang paling mudah dilihat. Hoax biasanya tidak melibatkan sumber yang dapat dipercaya. Hampir tidak ada data tentang penulis dan kapan tulisan itu diterbitkan.
Tentunya di grup keluarga anda biasanya menerima pesan siaran terkait kesehatan atau topik lainnya, bukan? Nah, pesan-pesan tersebut seringkali tidak disertai dengan sumber yang jelas. Kalaupun ada sumbernya, kalau dilihat kredibilitasnya masih belum jelas.

3. Cenderung berat satu sisi
Berbeda dengan konten di situs ternama yang selalu netral, konten palsu umumnya cenderung bias dan condong ke satu sisi. Ada semacam upaya untuk mengepung pihak tertentu.
Mengingat bahaya berita hoax di internet, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menyaring suatu informasi dengan tepat. Berikut adalah caranya.

1. Konsultasikan sumber berita
Memastikan bahwa informasi yang kami peroleh jelas atau dapat dipercaya. Pastikan situsnya tidak mengada-ada, kemudian medianya terdaftar di papan pers, atau kantor pers yang memiliki banyak berita untuk diposting.

2. Berbagi informasi
Orang lain dapat membantu memperbaiki kesalahan informasi. Ketika informasi yang salah beredar, anda sebagai orang yang tahu harus membantu mengklarifikasi berita tersebut.

3. Jangan mudah terprovokasai
Bersikaplah tidak memihak saat menerima berita. Kefanatikan boleh saja, tapi jangan berlebihan, jangan menyudutkan partai lalu melontarkan ujaran kebencian. Anda harus senetral mungkin.

4. Bandingkan informasi
Jangan hanya membaca sebuah berita, sehingga anda bisa membandingkan informasi mana yang lebih akurat dan dapat diterima.

5. Baca lebih teliti
Kita tahu bahwa tingkat literasi di Indonesia sangat rendah. Bahkan, tidak hanya dalam bentuk fisik atau buku bacaan , uga bisa berbentuk digital. Karena kita bisa menemukan berbagai sumber bacaan saat ini. Jadi penting untuk membaca dengan teliti.

Itulah beberapa informasi terkait ciri berita hoax dan juga cara menyaring informasi agar tidak termakan berita palsu. Tentunya jika anda membaca berita di AshefaNews, dapatdipastikan anda terbebas dari informasi yang palsu.

AshefaNews menjadi portal berita paling update dengan mengedepankan kualitas informasi yang akurat dan terpercaya. Jika anda pecinta anime, anda juga bisa mendapatkan informasi seputar Oploverz yaitu layanan streaming anime terbaik di AshefaNews.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *