November 28, 2022

Gagasan Partai NasDem untuk menyelenggarakan Rakernas pada Juni ini, bukan hanya sekedar menjaring calon presiden. Tetapi, ingin mencari formula bagaimana menyatukan kembali bangsa yang sudah terbelah dua (stand off) secara sangat fatal ini. Pada tanggal 15 17 Juni, sekitar 4000 kader NasDem dari seluruh Indonesia akan membanjiri Jakarta, dengan titik kumpul di JCC, Senayan.

"Kami akan mendiskusi secara sangat hati hati ikhwal bangsa yang sedang dirundung saling ketidakpercayaan ini. Semua masukan dari partai partai lain, yang sudah bertemu dengan Ketum NasDem, akan menjadi masukan penting," kata Ketua DPP Partai NasDem Teuku Taufiqulhadi dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022). Teuku menyebut, masukan seperti dari pimpinan Partai Gerindra, Golkar, PKS, PAN, PPP, Demokrat kepada pimpinan NasDem menjadi sangat signifikan dalam kaitan ini. Apalagi, ia menyebut kini kondisi bangsa sedang mengalami pembelahan hebat akibat Pilpres 2019 yang lalu.

"Pembelahan itu sudah sampai ke tingkat sangat mengkhawatirkan karena sudah ke tahap menanggap pihak berseberangan dalam politik tidak pantas lagi dianggap manusia. Tapi pantas mereka dianggap binatang seperti yang satu menyebut pihak lain 'cebong', dan lainnya mencap 'kadrun' (kadal gurun) kepada sejawat satu bangsanya," paparnya. Teuku menilai, seharusnya, dalam kehidupan kebangsaan, pilihan politik suatu pihak harus dilihat secara wajar dan tidak boleh menjatuhkan derajat saudara sebangsanya hingga ke tahap binatang. Terlebih, kondisi bangsa telah kehilangan segala wisdom nya dalam berbangsa dan bernegara.

"Kami sangat khawatir, kini siapa pun yang memimpin negeri ini, sejauh apa pun keberhasilannya, pasti mendapat penolakan dengan sengit pihak lain. Dan saling penolakan dan saling menyanggah ini akan terus terbawabjauh ke depan. Dengan demikian, politik kita ke depan akan terus terjadi pembelahan dan akan terus saling menjatuhkan derajat kemanusiaan kita," terangnya. Teuku pun memandang hal ini sangat serius. Maka, dalam Rakernas ini akan ditumpahkan segala daya upaya dan daya pikir untuk mendapat formula terbaik untuk mengikis persoalan bangsa kita ini sekarang. "Kami telah mengingatkan kepada semua kader kami tentang gejala ini. Mereka harus datang ke Rakernas ini dengan hati yang bersih. Kemudian berikan masukan dengan penuh keikhlasan untuk bangsa kita ini," ungkap Teuku.

"Karena itu pula nanti, kami akan menjaring calon presiden RI ke depan dalam semangat keikhlasan mencari furmula untuk menyelesaikan persolan pembelahan bangsa ini," tutup Ketua DPW Partai NasDem Aceh itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *