in

Pengertian Cosplay dan Daftar Cosplayer Terkenal Indonesia

Apakah kamu pernah melihat seseorang mengenakan kostum hero atau bergaya layaknya karakter kartun? Yap, mereka adalah cosplayer yang sedang cosplay alias memperagakan karakter tokoh tertentu. Memangnya, apa itu cosplay? Apa saja jenis-jenisnya, dan siapa sajakah cosplayer terkenal di Indonesia? Simak pembahasannya berikut ini. 

Pengertian Cosplay

Cosplay adalah peragaan kostum tokoh film, kartun, hingga karakter game. Istilah cosplay sendiri berasal dari gabungan kata ‘costume’ dan ‘play’ atau yang berarti bermain kostum. Sedangkan cosplayer adalah orang yang ber-cosplay alias bermain kostum. 

Cosplay tak hanya terbatas pada peragaan kostum berupa pakaian saja. Para cosplayer juga mengubah penampilannya semaksimal mungkin hingga menyerupai tokoh atau karakter tertentu. Mulai dari make up, gaya rambut, hingga gerak-geriknya.

Sejarah Cosplay

Banyak orang mengira budaya cosplay berasal dari Jepang. Padahal, cosplay muncul pertama kali di Amerika Serikat sekitar 1960-an saat film-film fiksi ilmiah tengah naik daun. 

Saat itu banyak penggemar film memperagakan kostum tokoh favoritnya. Ini tak terlalu mengherankan, karena di Amerika kental dengan tradisi peragaan kostum, seperti saat Halloween.

Akhirnya budaya cosplay tersebut menyebar sampai ke Jepang sekitar 1970-an. Banyak anak muda meminati cosplay hingga muncul beragam festival cosplay tingkat internasional. 

Peminatnya pun datang dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Kini, cosplay bukan sekedar penyaluran hobi belaka, namun juga menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang.

Jenis-Jenis Cosplay

Seiring meningkatnya popularitas cosplay, jenis-jenis cosplay pun semakin beragam. Para cosplayer semakin inovatif dalam menirukan karakter tokoh favoritnya. Tidak hanya tokoh film Hollywood atau anime, tapi juga karakter fiktif yang biasanya ada di gim. Berikut beberapa jenis cosplay yang bisa kamu coba.

1. Western Cosplay

Sesuai namanya, jenis cosplay yang satu ini meniru gaya berpakaian ala tokoh-tokoh film atau kartun dari Barat. 

Biasanya banyak cosplayer memperagakan kostum film-film Hollywood, seperti Superman, Spiderman, Wonder Woman, serta tokoh-tokoh hero lainnya. Ada juga yang memperagakan kostum kartun khas Disney, seperti Frozen, Rapunzel, dan sebagainya.

2. Japanese Cosplay

Kalau Japanese Cosplay khusus meniru gaya berpakaian orang Jepang. Seperti penggunaan baju kimono atau seifuku alias seragam sekolah khas Jepang.

3. Anime & Manga Cosplay

Hampir sama dengan Japanese Cosplay, namun jenis cosplay ini lebih memfokuskan peragaan busana ala karakter anime dan manga. Tingkat kesulitannya juga lebih tinggi, karena cosplayer dituntut menyerupai penampilan tokoh anime aslinya. Untuk saat ini, cosplay anime paling banyak diminati, baik laki-laki maupun perempuan. 

4. Tokusatsu Cosplay

Istilah tokusatsu berasal dari Bahasa Jepang yang berarti special effect dalam film. Namun, para penggemar film Jepang memaknainya sebagai serial film live action. 

Banyaknya peminat jenis film ini akhirnya memunculkan genre tokusatsu cosplay. Cosplay tokusatsu memperagakan kostum tokoh-tokoh film tokusatsu terkenal, seperti Power Ranger dan Kamen Rider.

5. Game’s Character Cosplay

Berbeda dengan kebanyakan cosplayer yang memperagakan kostum karakter film, cosplayer game lebih tertarik meniru penampilan karakter game. Misalnya saja meniru karakter hero pada game Mobile Legends, seperti Harley, Karina, Odette, Lesley, Kagur, Chou, Alucard, dan lain-lain.   

6. Original Cosplay

Jika jenis-jenis cosplay sebelumnya meniru karakter fiktif yang telah ada dalam film, komik, maupun game, tidak demikian dengan original cosplay. Sesuai namanya, para cosplayer genre ini menciptakan karakternya sendiri. Mereka juga membuat kostum dan gaya penampilan khas menurut kreatifitas mereka sendiri.

7. Hijab Cosplay

Jenis cosplay ini muncul seiring meningkatnya popularitas cosplay. Muslimah yang ingin bercosplay namun tetap ingin mengenakan hijab tidak perlu khawatir. 

Karena saat ini banyak cosplayer memadupadankan hijabnya sekreatif mungkin saat meniru kostum tokoh tertentu. Ada yang memanfaatkan hijabnya sebagai rambut, wig, hingga tanduk khas karakter fiktif. 

Daftar Cosplayer Indonesia

Selain mengasah kreatifitas, salah satu keuntungan menjadi cosplayer yaitu berpeluang memenangkan perlombaan dan mendapatkan banyak penghasilan. Bahkan, beberapa nama cosplayer Indonesia terkenal berkat prestasinya di dunia cosplay. Siapa sajakah mereka? Berikut lima diantaranya.

1. Rian CYD

cosplay-rian-cyd

Ryan memulai karirnya sebagai cosplayer sejak 2009. Dia mengikuti banyak festival cosplay dan membuat kostumnya sendiri lho! Ryan CYD semakin populer setelah memenangkan festival cosplay internasional di Jepang tahun 2016. 

Tidak hanya itu, Ryan juga memenangkan lomba cosplay bergengsi lainnya, seperti MAGIC Cosplay Master Monaco Competition tahun 2019.

2. Lola Zieta

Lola-Zieta-cosplay

Prestasi cosplay perempuan ini juga nggak kalah dengan Ryan CYD. Sejak berkarir sebagai cosplayer mulai 2016 lalu, Lola Zieta telah berhasil memenangkan beberapa kompetisi cosplay nasional hingga internasional. 

Salah satunya menjuarai Tokyo Game Show tahun 2019 lalu berkat memerankan karakter game Cyberpunk 2077.

3. Sherlyn Tsu

cosplay-Sherlyn-Tsu

Cosplayer yang menjadi brand ambassador sejumlah time sports Indonesia ini terkenal dengan peragaan busananya yang menirukan karakter game. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah gayanya saat memperagakan karakter Lenox, salah satu hero di game Mobile Legends.

4. Mayumi Reena

cosplay-Mayumi-Reena

Cosplayer kelahiran 1994 ini kerap mengenakan kostum ala tokoh-tokoh anime Inuyasha. Ia juga kerap memperagakan karakter game hingga berhasil menjadi wakil representasi Indonesia di Tokyo Game Show Collection Night 2018.

5. Punipun

cosplay-Punipun

Cosplayer berparas oriental ini kerap memperagakan karakter game-game terkenal. Hingga akhirnya banyak developer game yang menunjuknya sebagai brand ambassador, seperti Geek Fam ID hingga Bandai Namco Entertainment SEA KOL dari Jepang.Itulah pembahasan tentang cosplay, sejarah, jenis-jenisnya, hingga daftar cosplayer terkenal asal Indonesia. Bagaimana menurutmu? Tertarik menggeluti bidang cosplaying? Yang pasti terus asah kreatifitas dan jangan pernah menyerah.

Written by Jeffry

A Techno lover!

anime-comedy-terbaik

5 Rekomendasi Anime Comedy Terbaik 2021

fakta-onepiece

10 Fakta One Piece, Ternyata Terinspirasi oleh Dragon Ball!