November 28, 2022

Rekam jejak mentereng dimiliki oleh bomber asal Belanda yang tengah dikaitkan dengan Persebaya Surabaya, Luc Castaignos. Bajul Ijo terus berbenah untuk menyambut musim baru Liga 1 2022/2023 yang rencananya akan bergulir 27 Juli nanti. Pos area penyerangan menjadi fokus utama tim kesayangan Bonek ini untuk ditambah amunisinya.

Setelah beberapa bomber asing dikaitkan dengan klub Kota Pahlawan ini, nama Luc Castaignos juga ikut muncul ke permukaan. Sebagaimana yang diketahui, Persebaya memilih untuk melepas Arsenio Valpoort setelah tampil memble di BRI Liga 1 2021. Perombakan besar besaran dalam skuat asuhan Aji Santoso pun terjadi.

Semua legiun asing yang musim lalu menjadi andalan Bajul Ijo dilepas setelah kompetisi berakhir. Walhasil, slot legiun asing untuk posisi striker pun masih kosong. Luc Castaignos sendiri memiliki rekam jejak menawan. Menjadi daya tarik tersendiri jika nantinya sang bomber resmi membela Bajul Ijo.

Dirangkum dari laman Transfermarkt, beberapa fakta menarik menghiasi nama bomber yang terus dikaitkan kepindahannya ke Persebaya Surabaya ini. Bomber asal Belanda ini banyak menghabiskan karier sepak bolanya di Benua Biru. Sejumlah tim tim di Serie A (Inter Milan), Eredivisie (Twente, Feyenoord), Bundesliga (Eintracht Frankfurt) maupun Liga Portugal (Sporting CP) pernah diperkuat oleh bomber berusia 29 tahun tersebut.

Berbekal pengalamannya, kehadiran Castaignos jelas menjadi warna tersendiri dalam skema permainan arahan Aji Santoso. Fakta yang paling mencengangkan ialah, sang bomber pernah membela klub elite Liga Italia, Inter Milan. Dia menjadi bagian Nerazzurri setelah didatangkan dari Feyenoord pada tahun 20122.

Namun setelah semusim bersama Inter, Castaignos kemudian dilepas ke FC Twente dengan status permanen. Salah satu catatan mengkilapnya ialah dia pernah menjadi rekan setim dari Bruno Fernandes. Yap, Castaignos juga sempat membela Sporting CP pada musim 2016 hingga 2019.

Meski mayoritas waktunya dihabiskan sebagai pemain pinjaman, namun tidak bisa dipungkiri dia pernah berlatih bersama pemain beken seperti Coentrao, Nani dan Bruno Fernandes di Sporting CP. Bruno yang saat ini bermain bagi Manchester United, membela Sporting CP pada tahun 2017 hingga 2020. Satu satunya pengalaman Castaignos merumput di sepak bola Asia ialah pada tahun 2019 hingga 2021.

Saat itu dia dilepas Sporting CP dan bermain untuk klub asal Korsel, Gyeongnam FC. Selain itu, dia juga memiliki rekam jejak wah dengan membela Timnas Belanda. Di kategori usia, eks Eintracht Frankfurt ini pernah membela Timnas Belanda pada kategori umur 21, 20, 19 dan 17.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *