in

10 Fakta One Piece, Ternyata Terinspirasi oleh Dragon Ball!

One Piece adalah salah satu anime klasik, layaknya Dragon Ball dan Naruto. Cerita Luffy, si manusia karet, dan kelakuan awak bajak lautnya terus berlanjut hingga sampai saat ini. Bahkan, umur manga dan anime yang satu ini lebih tua dari saya lho!

Walau kamu mungkin rutin mengikuti jalan ceritanya, namun ternyata ada banyak fakta One Piece yang tidak diketahui oleh para penggemarnya. Berikut adalah 10 fakta menarik One Piece yang kamu mungkin tidak ketahui.

1. Memecahkan Rekor Guinness Sedunia

fakta-one-piece-7

Jika kamu baca manga One Piece, maka ada kemungkinan kamu tahu ini. Buku Guinness Book of World Records pernah mencatat Eiichiro Oda, penulis manga One Piece, dengan titel “Pencetakan Unit Terbanyak untuk Seri Buku Komik oleh Satu Penulis” di tahun 2014. 

Pada waktu itu, One Piece berhasil menjual sekitar 320 juta buku komik dari tahun 1997 hingga 2014. Sekarang, penjualannya pun sudah melebihi 400 juta. Menakjubkan, bukan?

2. Manga yang Penuh Kekerasan

fakta-one-piece-2

Jika kamu hanya nonton One Piece, mungkin kamu tidak tahu bahwa manganya penuh dengan kekerasan dan darah. Namun, mengingat target pembacanya untuk anak kecil dan remaja lelaki, maka animenya pun berakhir dengan sensor.

Salah satu contoh adegan yang hilang dari anime One Piece adalah muka Shirohige yang sebenarnya hancur saat terserang oleh Akainu. Ada anggapan bahwa adegan ini “terlalu kasar”, jadinya tidak muncul di animenya.

3. Kontrak Awalnya Hanya 5 Tahun

fakta-one-piece-3

One Piece sendiri sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun. Selain itu, episodenya sudah mencapai di angka 900-an. 

Namun, tahukah kamu, ternyata kontrak awalnya hanya 5 tahun saja. Bermula sebagai komik yang ringan dan berfokus pada komedi, petualangan Luffy harusnya jauh lebih pendek.

Karena adanya ide Shichibukai atau Tujuh Penguasa Lautan, alur ceritanya pun terus berlanjut. Oda-sensei pun berakhir melanjutkan ceritanya hingga sekarang.

4. Beberapa Pengisi Suaranya Sudah Tiada

fakta-one-piece-4

Mengingat anime One Piece sudah berlangsung begitu lama, maka tidak heran jika beberapa pemeran suaranya sudah tiada di dunia. Pemeran suara One Piece yang sudah meninggal, antara lain: 

  • Ginzo Matsuo (Smoker)
  • Takeshi Aono (Mihawk)
  • Takkou Ishimori (Sengoku)
  • Kazuyuki Sogabe (Silvers Rayleigh & Benn Beckman)

5. Perjuangan Oda-Sensei yang Hanya Tidur 3 Jam Sehari

fakta-one-piece-5

Saya yakin membuat manga bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena deadline setiap minggu untuk episode manga terbaru, Oda-sensei pun bekerja keras.

Agar bisa fokus bekerja, ia bahkan rela tinggal terpisah dengan istri, Chiaki Inaba, dan anak-anaknya. Dan hanya bisa bertemu seminggu sekali.

Tidak main-main, Eiichiro Oda bekerja 7 hari penuh dalam seminggu dan hanya tidur selama 3 jam per harinya. Waktu 21 jam dalam harinya, ia luangkan untuk membuat manga One Piece, mulai dari sketsa, pembuatan alur, hingga penggambaran.

6. Mengalami Kontroversi Lambang Nazi

fakta-one-piece

Karakter kakak dari Luffy, yaitu Portgas Ace, mempunyai tato dengan lambang dari Whiteboard Pirates. Awalnya, lambang ini menggunakan karakter Manji. Namun, karakter ini terlihat serupa dengan lambang Nazi, yaitu Swastika.

Hal ini karena One Piece sedang naik daun di negara lain. Karena tidak mau mengalami kontroversi, akhirnya lambang pun Oda-sensei menerima saran salah satu editor One Piece dan mengubahnya menjadi salib.

7. Terinspirasi oleh Dragon Ball

fakta-one-piece-7

Karya Oda-Sensei mempunyai banyak pengaruh dari Akira Toriyama. Toriyama sendiri merupakan penulis dari Dr. Slump dan Dragon Ball. Karakter Goku pun menjadi salah satu inspirasinya dalam membuat One Piece.

Selain itu, Oda-Sensei juga mendapat pengaruh dari serial animasi di tahun 1970-an bernama Vicky the Viking. Hal inilah yang menginspirasi Oda untuk membuat anime bertemakan bajak laut.

8. Banyak Pengaruh dari Literatur Klasik

fakta-one-piece-8

Walau memang kebanyakan inspirasi Oda datang dari manga dan serial animasi, tapi banyak desain karakter dan dunia One Piece yang datang dari pengaruh literatur klasik. 

Misalnya saja, desain penjara Impel Down berasal dari gambaran Dante tentang Sembilan Lingkaran Neraka. Strukturnya membedakan berdasarkan lantai, dimana semakin keji kejahatannya akan semakin parah konsekuensinya.

Salah satu antagonis dari One Piece, yaitu Donquixote Doflamingo, juga mempunyai beberapa persamaan dengan Tuan Quixote de La Mancha, karakter dari karya seorang novelis Spanyol Miguel de Cervantes. 

Salah satu karakter One Piece, Sabo, juga mempunyai gaya busana berupa topi pesulap dan jaket yang tersingsingkan. Hal ini meniru gaya Artful Dodger dari Oliver Twist, karya Charles Dickens. Di luar dari itu, Oda pun juga banyak mereferensikan mitos Yunani, seperti Gorgon dan suku Amazon.

9. Sudah Mendekati Akhir Cerita

fakta-one-piece-9

Berlangsung selama 24 tahun dengan episode mencapai angka 970-an, banyak orang yang merasa One Piece tidak akan pernah tamat. Malah, saya merasa akan aneh jika One Piece tamat.

Namun, pada tahun 2018, Oda mengatakan bahwa cerita dari manga One Piece sudah sekitar 80% selesai. Tidak hanya itu, beliau pun berkata bahwa One Piece akan tamat dalam waktu 5 tahun ke depan. Ini artinya cerita One Piece akan selesai kurang lebih di tahun 2023. 

10. Hanya Tiga Orang yang Mengetahui Akhir Cerita One Piece

fakta-onepiece

Walau sudah begitu lama, tapi ada satu fakta One Piece yang belum terungkap: Bagaimana akhir cerita dari One Piece? Di dunia ini hanya ada 3 orang yang mengetahui akhir ceritanya, yaitu Oda-Sensei sendiri, editor One Piece, beserta Hinati Fujinami.

Fujinami merupakan pasien penderita kanker yang merupakan salah satu fans berat One Piece. Melalui Make-A-Wish Foundation untuk para penderita kanker, Fujinami ingin mengetahui akhir ceritanya. Karena itu, Oda-Sensei pun mengunjungi Fujinami untuk memberitahukan akhir cerita One Piece tersebut. Sayangnya, Fujinami akhirnya meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakitnya.

Nah, setelah mengetahui 10 fakta One Piece tersebut, mana sih yang menjadi favorit kamu? Kalau saya sendiri sih, lumayan terperangah dengan fakta kalau One Piece mungkin akan tamat dalam beberapa tahun ke depan. 

Karena itu, mungkin kamu pun bisa menikmati baca manga dan nonton anime One Piece sebelum mereka tamat. Selamat bersenang-senang!

Written by Sisca Barus

A Geek & Sci-fi lover!

cosplay-anime

Pengertian Cosplay dan Daftar Cosplayer Terkenal Indonesia

game-naruto-senki

Naruto Senki: Review Game, Fitur & Cara Bermain