in

11 Film Robin Hood Terbaik dalam Satu Abad

Film Robin Hood telah muncul di layar kaca dan layar lebar selama lebih dari satu abad. Dan sekarang saya ingin menceritakan ulang sosok ikonik ini dan menampilkan versi film pilihan terbaik sepanjang masa, masing-masing dengan keunikan judul dan ceritanya sendiri.

1. The Adventures of Robin Hood (1938)

film-robin-hood-terbaik

Sutradara: Michael Curtiz, William Keighley

Pemain: Errol Flynn, Olivia de Havilland, Basil Rathbone

Errol FLynn dengan penuh kejayaan mengalahkan penjahat-penjahat payah yang dimainkan oleh Basil Rathbone dan Claude Rains. Ia juga terlihat keren dengan celana ketat berwarna hijau.

2. Ivanhoe (1952)

film-ivanhoe-1952

Sutradara: Richard Thorpe

Pemain: Harold Warrender, Robert Taylor, Elizabeth Taylor

Sebuah set-piece yang sangat nyaring dan sinematografi memesona sedikit mencerahkan film “technicolor” yang megah ini. Menarik karena ada makna-makna yang tersirat dengan pesan politik di era Eugene Joseph “Gene” McCarthy.

3. Robin and The 7 Hoods (1964)

film-robin-the-7-hoods

Sutradara: Gordon Douglas

Pemain: Frank Sinatra, Dean Martin, Sammy Davis Jr.

The Rat Pack mengkreasi ulang film Robin Hood dengan cara mereka sendiri, menjadi sebuah kisah gangster pada era Great Depression. Peter Falk memerankan penjahat Guy Gisborne yang beradu akting dengan Sinatra, si gangster baik. Lagu-lagu jazz yang dinyanyikan diantaranya adalah dari milik Frank Sinatra, Dean Martin dan Bing Crosby dengan lagu “Style” dan “My Kind of Town” yang paling menonjol. Secara keseluruhan film ini menyenangkan namun pointless.

4. Rocket Robin Hood (1967)

film-rocket-robin-hood

Sutradara: Ralph Bakshi, Grant Simmons

Pemain: Ed McNamara, Chris Wiggins, Carl Banas

Lagu-lagu jadul membuka film Robinhood versi sci-fi ala new age ini. Cucu dari cucu dari cucu Robin adalah jagoan berahang lebar yang kurang tangkas, sementara Sherwood adalah asteroid, berpotensi tetapi bodoh.

5. Robin Hood (1973)

film-robin-hood-1973

Sutradara: Wolfgang Reitherman

Pemain: Bryan Bedford, Phil Harrirs, Andy Devine

Versi yang lebih “cute” dari Disney. Dikisahkan Robin adalah seekor rubah, Prince John seekor singa, penyair Alan-A-Dale adalah tiruan Johnny Cash yang berwujud ayam jago. Film ini penuh dengan charm dan tawa meskipun dibuat dengan budget rendah.

6. Robin Hood Junior (1975)

film-robin-hood-junior

Sutradara: Matt McCarthy

Pemain: Keith Chegwin, Andrew Sachs, Mandy Tulloch

Lord Chegwin dari acara TV anak legendaris, Plays Pop, menjadi keturunan Robin dalam versi klasik yang sayangnya sekarang sudah tidak tersedia lagi di berbagai format film.

7. Robin and Marian (1976)

film-robin-hood-terbaik

Sutradara: Richard Lester

Pemain: Sean Connery, Audrey Hepburn, Robert Shaw

Film revisionis yang manis dan dapat membuat penonton menangis. Robin tua kembali dari Perang Salib dan menyadari bahwa di sekarang seorang legenda. Diisi dengan akting meyakinkan, Connery sebagai Robin dan Hepburn sebagai Marian, mereka tampil dalam kondisi hidup yang sulit dan menyedihkan sehingga membuat penonton terharu.

8. Time Bandits (1981)

film-time-bandits-1981

Sutradara: Terry Gilliam

Pemain: John Cleese, Sean Connery, Shelley Duvall

Film revisionis ekstrim dimana Robin Hood ikut muncul. Cleese tampil sebagai penjahat yang posh dan Merry Men-nya adalah gerombolan yang jahat dan sadis.

9. Robin of Sherwood (1984)

robin-of-sherwood-1984

Sutradara: Robert Young, Ian Sharp, Patrick Dromgoole, Alex Kirby

Pemain: Michael Praed, Jason Connerty, Ray Winstone

Ini seperti Bataman Begins-nya Robin Hood versi TV INggris yang memang banyak sekali dibuat. Versi edgy ini bertema ide pagan uang melawan opresi kaum Kristen. Ray Winstone sebagai Will Scarlet yang penuh dendam dan terlihat seram. Sosok Sherwood pun tidak kalah suram dan kelam.

10. Maid Marian and Her Merry Men (1989-1994)

film-maid-marian-her-merry-men

Sutradara: David Bell

Pemain: Kate Lonergan, Wayne Morris, Tony Robinson

Tony Robinson menciptakan serial TV anak-anak ayng komikal ini, dengan Robin sebagai si bodoh yang terlalu sering memikirkan rambutnya, dan Marian sebagai penggerak sesungguhnya dari gerakan pemberontakan.

11. Pricess of Thieves (2001)

film-pricess-of-thieves

Sutradara: Peter Hewitt

Pemain: Keira Knightley, Stuart Wilson, Stephen Moyer

Knightley memerankan putri Robin yang ingin membuktikan diri kepada ayahnya yang ternyata sangat menginginkan seorang anak laki-laki. Sayangnya, dia hanya kebanyakan berlari dan merengut. Terlihat bagus namun film ini mudah dilupakan penonton.

Written by Jeffry

A Techno lover!

film-sedih

20 Film Sedih Terbaik yang Bakal Bikin Baper

review-film-the-town

Review Film: The Town (2010)