in

20 Film Sedih Terbaik yang Bakal Bikin Baper

Kita bukanlah robot tetapi makhuk hidup yang selalu merasakan sesuatu. Kita mungkin tidak dapat bertahan hanya dengan menonton film komedi dan rangkaian aksi di genre scifi. Sesekali kita juga membutuhkan kesedihan, setidaknya dalam bentuk film.

Film sedih tidak hanya mengenai hidup yang berkubang dalam kesengsaraan. Namun seringkali inti ceritanya mengenai sosok yang merasa tersesat dalam sebuah alur cerita yang sama dengan pengalaman manusia pada umumnya, lengkap dengan semua pasang surut kehidupan yang terjadi.

Dengan penyampaian cerita yang hebat maka sebuah film dapat memancing berbagai jenis emosi dari penonton. Dari pilihan film melow terbaik di bawah ini, ada sesuatu tentang keindahan dan gaya cerita film yang berhasil memberi standar lebih jauh dari film lainnya. Bukan hanya merasa sedih, tetapi film-film berikut ini bisa membuat kita tertawa meski tetap terharu.

1. On Chesil Beach (2018)

On Chesil Beach (2018)

Mengambil latar di Inggris pada tahun 1962, kisah cinta yang memilukan ini menceritakan pengantin baru Edward (Billy Howle) dan Florence saat mereka memulai bulan madu mereka di dekat Pantai Chesil, sebuah bentangan pantai indah yang dikenal dengan pantainya yang berbatu. Tetapi hal-hal salah mulai bermunculan ketika mereka mencoba untuk menjadi lebih intim, bahkan mereka harus berhadapan dengan beberapa kebenaran yang kelam.

2. Beautiful Boy (2018)

Beautiful Boy (2018)

Film Beautiful Boy menceritakan kisah nyata yang memilukan tentang perjuangan David Scheff (Steve Carell) untuk menjalin hubungan kembali dengan putranya Nic (Chalamet), yang kecanduan sabu. Kisahnya terlalu memilukan, bahkan seorang pria pun bisa menangis.

3. The Sky Is Pink (2020)

The Sky Is Pink (2020)

Ikatan kuat antara dalam keluarga terancam hancur saat mereka bekerja sama demi menemukan obat untuk mengobati penyakit kronis anak bungsu mereka.

4. Beasts of the Southern Wild (2012)

Beasts of the Southern Wild (2012)

Hushpuppy, diperankan oleh Quvenzhané Wallis yang berusia 6 tahun. Ia tinggal di komunitas yang terbelakang dari daratan AS Bathtub adalah pemukiman independen di bayou Louisiana. Dia dan ayahnya, bersama dengan tetangga mereka, berjuang untuk diri mereka sendiri. Dengan ancaman datangnya badai besar, komunitas itu langsung berada dalam bahaya. Dan Hushpuppy menyadari bahwa ayahnya, yang merawatnya, mungkin tidak selalu ada disampingnya.

5. What Maisie Knew (2012)

What Maisie Knew (2012)

Seorang gadis kecil yang polos dan tidak tahu apa-apa, muai belajar tentang kelemahan kondisi manusia sejak dini, ketika dia diperlakukan seperti pion dalam perebutan hak asuh orang tuanya yang telah bercerai.

6. Bicentennial Man (1999)

Bicentennial Man (1999)

Pada tahun 2005, keluarga Martin memiliki robot pintar untuk membantu pekerjaan rumah mereka. Sang robot yang bernama Andrew (Robin Williams) ini seharusnya cukup membantu pekerjaan rumah dan memfasilitasi kebutuhan hidup sehari-hari. Sayangnya robot ini justru mulai memiliki “jiwa” nya sendiri.. Dan robot yang memiliki persanaan tentunya tidak akan pernah bahagia dalam perbudakan.

7. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

Hachi A Dogs Tale (2009)

Sebuah cerita tentang cinta tanpa syarat antara seekor anjing dan pemiliknya yang pasti akan membuat kamu menangis termehek-mehek. Kisah anjing ini adalah tentang seorang profesor perguruan tinggi (Richard Gere) yang tersesat, dan, tentu saja, tidak pernah mempersiapkan apa yang akan terjadi selanjutnya.

8. Lion (2017)

Lion (2017)

Film yang didasarkan pada kisah nyata ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki berusia 5 tahun yang dipisahkan dari kakak laki-lakinya dalam perjalanan ke kota dari desa pedesaan mereka di India. Bocah laki-laki itu, Saroo, diadopsi oleh pasangan di Australia, dan tumbuh dengan ingatan yang menggerogoti tentang keluarga masa lalunya. Menggunakan aplikasi Google Earth, dia akhirnya terhubung kembali dengan keluarganya.

9. Kramer vs. Kramer (1979)

Kramer vs. Kramer (1979)

Sebuah potret mengerikan tentang kerja keras, emosional dan perceraian. Pasangan yang telah bercerai, Ted (Dustin Hoffman) dan Joanna Kramer (Meryl Streep), berjuang untuk hak asuh atas putra semata wayang mereka.

10. Crash (2004)

Crash (2004)

Film ini menceritakan kisah-kisah yang saling terkait tentang komunitas berkulit putih, kulit hitam, Latin, Korea, Iran, polisi dan penjahat, yang kaya dan yang miskin, yang kuat dan tidak berdaya, semuanya didefinisikan dalam satu atau lain cara oleh rasisme. Semua adalah korbannya, dan semua bersalah karenanya. Alur cerita yang mempermainkan emosi ini bakal menyentuh hati kamu.

11. The Pianist (2002)

the pianist 2020

Berdasarkan kisah nyata, film The Pianist adalah tentang seorang pria yang menghabiskan seluruh hidupnya pada maasa Perang Dunia II untuk bersembunyi dalam isolasi ekstrim. Wladyslaw Szpilman (Adrien Brody) adalah seorang pianis Yahudi Polandia yang tinggal di Warsawa, dan melihat perubahan lingkungannya pada awal perang. Dia pindah ke Ghetto Yahudi bersama keluarganya, tetapi mereka kemudian berpisah. Wladyslaw berkeliling di sekitar reruntuhan Warsawa dalam film yang tenang dan menghancurkan perasaan ini.

12. The Green Mile (1999)

The Green Mile (1999)

Stephen King tidak hanya menulis cerita-cerita menakutkan seperti It and The Shining; namun dia juga menulis sebuah kisah sedih yang menghancurkan hati. Di film The Green Mile, sekelompok penjaga penjara Death Row selamanya diubah oleh seorang narapidana yang tidak seperti anggota kelompok lainnya. Paul Edgecombe (Tom Hanks) belum pernah bertemu orang seperti John Coffey (Michael Clarke Duncan), yang dijebloskan ke penjara karena dugaan pembunuhan dua gadis kecil. Seiring dengan semangatnya yang lembut dan naif, John juga diberkahi dengan sesuatu yang jelas, baik dan ilahi. Mungkinkah dia benar-benar seorang pembunuh?

13. Still Alice (2014)

Still Alice (2014)

Julianne Moore berperan sebagai Alice, adalah seorang profesor di Universitas Columbia. Setelah beberapa insiden disorientasi, dia akhirnya didiagnosis dengan demensia dini. Film ini melacak keturunan keluarga besarnya yang menderita penyakit Alzheimer . Memilukan, emosional, dan sepertinya mewakili kisah dari banyak keluarga.

14. My Sister’s Keeper (2009)

My Sister’s Keeper (2009)

Berdasarkan novel Jodi Picoult, film yang menyentak ini menceritakan sebuah keluarga dengan dua anak perempuan: satu didiagnosis menderita leukemia dan yang lainnya melalui IVF dinyatakan sebagai “saudara penyelamat”, yang berarti dia memiliki tubuh yang secara medis dapat menyumbangkan organ. Drama terjadi ketika adik perempuan (Abigail Breslin) menuntut sebuah emansipasi medis.

15. The Light Between Oceans (2016)

The Light Between Oceans (2016)

Pasangan kehidupan nyata Alicia Vikander dan Michael Fassbender berperan sebagai pasangan suami istri yang mencoba melegalkan seorang bayi perempuan yang mereka temukan sebagai anak mereka sendiri. Semua berjalan dengan baik sampai ibu kandung dari bayi itu muncul kembali.

16. My Life Without Me (2003)

My Life Without Me (2003)

Sarah Polley memerankan seorang wanita muda yang merahasiakan kanker ovarium stadium akhir dari suami dan anak-anaknya, memilih untuk memulai pengalaman baru. Ann (Sarah Polley) yang berusia dua puluh tiga tahun tinggal di sebuah trailer di halaman belakang rumah ibunya di pinggiran kota Vancouver bersama suaminya, Don (Scott Speedman), dan dua putrinya yang masih kecil. Dia baru saja mendapat pekerjaan memperbaiki kolam renang, dan dia bekerja pada shift malam di untuk pembersihan ruangan kelas di sebuah universitas. Ibu Ann (Deborah Henry) adalah seorang wanita depresi dan kesepian yang menghabiskan banyak waktu menonton film-film lama di televisi. Ayah Ann (Alfred Molina) telah dipenjara selama sepuluh tahun dan tidak mengikutinya.

17. Rabbit Hole (2010)

Rabbit Hole (2010)

Nicole Kidman mendapatkan nominasi Academy Award untuk perannya sebagai seorang ibu yang berduka atas kematian mendadak putranya yang masih kecil.

Becca dan Howie Corbett memiliki gambaran kehidupan keluarga yang sempurna di pinggiran kota New York sampai kecelakaan yang tragis merenggut nyawa putra mereka yang masih berusia empat tahun. Segera setelah itu, adik perempuan Becca yang tidak bertanggung jawab, Izzy, mengumumkan bahwa dia hamil: sekarang akan ada anak baru dalam keluarga. Saat Becca dan Howie tumbuh terpisah, ibu Becca, Nat, mendesak Becca tentang proses berdukanya, dan Jason, pengemudi muda yang membunuh putra mereka, terus muncul untuk meminta maaf. Rabbit Hole menyelidiki kompleksitas sebuah keluarga yang menavigasi kesedihan yang mendalam, dan mempelajari apa artinya menjalani kehidupan yang bermanfaat ketika segala sesuatunya berantakan. Bisakah seseorang memaafkan? Apakah satu nyawa lebih berharga dari yang lain? Bagaimana Anda melanjutkan hidup?

18. I Am Sam (2001)

I Am Sam (2001)

Sean Penn memerankan seorang ayah dengan kelainan mental yang harus berjuang untuk mempertahankan hak asuh putrinya yang masih kecil. Sam selama ini tinggal sendirian, dia bekerja di Starbucks dan memiliki kelainan mental seperti anak berusia 7 tahun.

Tetapi Sam juga seorang ayah. Dan dia telah membesarkan gadis kecilnya, Lucy Diamond, sendirian selama tujuh tahun terakhir sejak ibunya melarikan diri beberapa hari setelah kelahirannya. Kita tidak akan berpikir seseorang seperti Sam bisa mengganti popok, menyusui, latihan pispot. Tapi dia melakukannya. Dan dia dengan bebas memberi Lucy semua cinta yang dia miliki.

19. Glory (1989)

Glory (1989)

Film yang memberi Denzel Washington Oscar pertamanya harus menjadi tontonan wajib bagi kamu. Sebuah film yang menggambarkan kisah mengharukan tentang resimen kulit hitam yang berjuang untuk Union selama Perang Saudara. Morgan Freeman, Matthew Broderick, dan Andre Braugher juga berperan dalam film menyentuh ini.

20. The Hunt (2012)

The Hunt (2012)

Mads Mikkelsen berperan sebagai seorang pria yang dikucilkan oleh teman-teman dan komunitasnya setelah dituduh melecehkan seorang gadis muda. Ia adalah seorang karyawan yang baik hati dan bekerja di sebuah tempat penitipan anak. Namun justru dituduh mengekspos dirinya sendiri kepada seorang anak kecil. Kisah selanjutnya akan sangat mempermainkan emosi dan perasaan kamu.

Written by Sisca Barus

A Geek & Sci-fi lover!

ace-of-diamond-berhenti-sementara

Penulis Ace of Diamond Cuti 2 Bulan untuk Melakukan Riset

film-robin-hood-terbaik-sepanjang-masa

11 Film Robin Hood Terbaik dalam Satu Abad