in

11 Daftar Game Burik Terbaik di 2021, Pernah Main?

Desain visual memang menjadi salah satu aspek penting dalam game yang kita mainkan. Namun, bukan segalanya. Menurut saya pun, ada banyak game yang tergolong game burik tapi sangat seru saat kita mainkan.

Saya sendiri tidak hanya menilai game dari penampilan saja. Ada banyak kelebihan lain yang bisa suatu game miliki yang membuatnya unik. Misalnya gameplay menarik, soundtrack yang bagus, tidak membosankan, hingga melatih kreativitas. 

Tapi sebelum kita masuk ke situ, mungkin kamu bertanya-tanya: “Hah? Game burik apaan?”

Apa itu Game Burik?

Awalnya, saya pun tidak mengetahui arti burik itu apa. Hanya sekedar tahu kalau “game burik” artinya game yang visualnya masih terlihat jadul karena berbentuk pixel. 

Ternyata, burik sendiri mempunyai makna “bopeng” atau “bintik-bintik”. Karena game pixel terlihat seperti bintik-bintik, muncul frasa game burik. 

Namun, seperti yang sudah saya bilang, game tidak hanya bagus berdasarkan visual saja. Walaupun burik, game bisa menjadi menarik. Lantas, apa saja contoh game burik yang menarik?

11 Game Burik Terbaik di Dunia

Ada banyak game burik di dunia ini. Namun, tidak semuanya bagus. Berdasarkan pengalaman saya, ini adalah 13 game burik terbaik yang kamu perlu coba!

1. Undertale

game-burik-undertale

Mulai terkenal di internet, Undertale adalah game RPG indie yang sempat booming di tahun 2015. Walau mempunyai karakter berbentuk pixel saja, Undertale berhasil meraih hati penontonnya dengan karakter berkepribadian kuat dan alur cerita yang unik. 

Apa yang kita lakukan dalam game pun sangat berpengaruh pada hasil akhir ceritanya. Karena itu, game ini pun sempat menuai berbagai ulasan bagus.

2. Final Fantasy VII

game-burik-final-fantasy-vii

Memang versi remake-nya berkualitas lebih bagus. Namun, pada awalnya game ini mempunyai desain karakter yang simpel. Bentuk tubuhnya pun tidak alami karena berbentuk kotak.

Walau demikian, alur cerita dari Final Fantasy VII sangat memikat perhatian pemainnya. Permainannya pun cukup menantang dan “nagih” menurut saya. Karena itu, game burik ini layak untuk kamu coba!

3. Enter the Gungeon

game-burik-enter-the-gungeon

Walau masih bergrafik pixel, saya cukup menyukai game yang satu ini karena tidak membosankan. Selain itu, kamu pun bisa memainkannya dari berbagai perangkat, mulai dari PS 4, Xbox, Nintendo, hingga PC kamu.

4. Harvest Moon

game-burik-harvest-moon

Tergolong salah satu game klasik, Harvest Moon termasuk salah satu game burik terbaik sepanjang masa. Walau saya merasa premisnya cukup sederhana, Harvest Moon mahir dalam membuat pemainnya ketagihan. 

Bahkan sampai sekarang, Harvest Moon masih menjadi salah satu game populer. Baik itu di PlayStation, Xbox, Nintendo, bahkan hingga bermain di HP. Kalau saya pribadi sih, masih lebih menyukai bermain langsung di PlayStation karena lebih terasa nostalgia dari bermain sewaktu kecil.

5. Stardew Valley

game-burik-stardew-valley

Serupa dengan Harvest Moon, Stardew Valley juga menawarkan game simulasi berpixel. Saya pun yakin bahwa Stardew Valley adalah versi modernnya Harvest Moon. Kamu bisa bermain sebagai petani yang juga memelihara hewan ternak, memancing, hingga menambang. 

6. Graveyard Keeper

game-burik-graveyard-keeper

Masih serupa dengan Harvest Moon dan Stardew Valley, Graveyard Keeper adalah game simulasi bertemakan kuburan. Tugas kamu adalah membuat bisnis kuburan, dimana pekerjaannya termasuk mengubur orang mati, serta membersihkan dan menjaga kuburan.

7. Shovel Knight

game-shovel-knight-burik

Termasuk game platform dari pengembang indie, Shovel Knight mengingatkan saya dengan Mario. Namun, menariknya adalah kamu punya nyawa yang tak terbatas, namun kamu justru kehilangan uang saat mati. 

Di dalam game ini, tool utama kamu adalah sekop (“shovel”). Dengan sekop tersebut, kamu bisa membunuh musuh atau menggali harta karun.

8. Minecraft

game-burik-minecraft

Gamer mana yang tidak tahu game kotak-kotak ini? Sudah pasti termasuk game burik, Minecraft pun berbeda dari game burik lainnya. Hal ini karena Minecraft tidak terbatas oleh alur cerita. Saya pun merasa bisa melakukan apa saja dan mengekspresikan diri secara kreatif ketika bermain game satu ini.

Karena luasnya dunia Minecraft serta update yang rutin, seperti update 1.18 yang akan datang, saya pun tidak pernah bosan. Rasanya kalau mau tinggal di dunia Minecraft pun sudah nyaman, walau grafiknya kotak-kotak saja.

9. Terraria

game-burik-terraria

Serupa dengan Minecraft, Terraria juga game pixel lainnya yang berfokus pada pertahanan hidup. Game ini juga lebih mengarah ke “action” daripada Minecraft yang lebih ke “adventure”, karena adanya banyak item tambahan yang berbentuk senjata.

10. Hyper Light Drifter

game-burik-hyper-light-drifter

Permainan RPG yang satu ini sangat menonjol di antara game lainnya. Walau dengan grafis yang hanya 8-bit saja, game burik ini mempunyai narasi yang menarik tentang perjuangan sebuah karakter dalam melawan penyakitnya. 

Game ini pun banyak terinspirasi dari game atau film lain. Inspirasi game ini pun datang dari, antara lain game Diablo, game The Legend of Zelda, serta alur yang mengingatkan kamu dengan salah satu film Studio Ghibli bertajuk Castle in The Sky.

11. Kingdom: New Lands

game-burik-kingdom-new-lands

Berbentuk pixel 2D, kamu pun bisa mengontrol raja atau ratu dalam game untuk mengumpulkan uang, mempekerjakan tentara, membangun sistem pertahanan, dan lainnya.

Game simulasi kerajaan ini juga mendapat banyak perhatian karena bagusnya seni visual walau hanya berbentuk pixel, serta musik latar yang mengiringi game ini. Game ini pun bisa kamu mainkan di PC maupun HP.

Nah, itu tadi 11 game burik yang paling bikin ketagihan. Tidak hanya berkesan di hati para pemainnya, game burik ini pun berhasil membuktikan kalau game bukan hanya sekedar visual yang high resolution.

Justru, karena game-game di atas tidak mempunyai visual yang menarik, kamu sebagai penonton pun dapat lebih menikmati aspek-aspek lain dalam game. Kalau dari 11 game di atas, sudah ada berapa yang kamu mainkan kira-kira?

Written by Jeffry

A Techno lover!

anime-keren

7 Anime Keren dengan Rating Tertinggi di Dunia

anime-action-terbaik

10 Anime Action Terbaik yang Wajib Ditonton