January 31, 2023
Investor Pemula, Inilah Sederet Investasi Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Ketika mendengar kata investasi, sebagian orang mungkin membayangkan bahwa kegiatan ini sulit dilakukan dan membutuhkan modal yang besar. Padahal, berinvestasi bisa dimulai sejak dini dengan modal kecil dan profil risiko rendah atau sedang sesuai kebutuhan. Sebelum mengetahui apa saja investasi modal kecil yang bisa Anda lakukan, ketahui dulu apa yang dimaksud dengan investasi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mempraktikkannya.

Apa itu Investasi?
Secara umum investasi adalah usaha penanaman modal yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu untuk meningkatkan nilainya sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Sementara investasi identik dengan saham atau sekuritas, investasi juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari berinvestasi pada produk fisik tertentu hingga yang tidak berwujud lainnya.

Dalam berinvestasi dikenal juga dengan manajemen investasi. Istilah tersebut mengacu pada pengawasan investasi untuk keuntungan agar tetap sejalan dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku. Berbagai jenis investasi yang biasa dilakukan orang Indonesia antara lain investasi emas, properti, reksa dana, saham, dan surat berharga. Jenis investasi tersebut dipilih sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko masing-masing investor.

Pada dasarnya, Anda membutuhkan uang atau modal untuk berinvestasi dalam jangka waktu tertentu agar Anda bisa mendapatkan keuntungan di masa depan. Cara ini biasanya dilakukan untuk menghindari inflasi atau penyusutan nilai produk yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Selain menghasilkan keuntungan, Anda juga dapat mempertahankan nilai aset Anda dengan memasukkan uang atau modal Anda ke dalam sarana investasi yang sesuai.

Beberapa Contoh Investasi Modal Kecil
Berikut beberapa contoh investasi modal kecil yang bisa Anda lakukan untuk menjaga nilai aset sekaligus menghasilkan keuntungan jika dilakukan dengan strategi yang tepat.

Investor Pemula, Inilah Sederet Investasi Modal Kecil yang Bisa Dicoba

1. Berinvestasi pada perabot rumah tangga
Siapa bilang perabot rumah tangga tidak bisa dijadikan aset investasi? Anda bisa mengubahnya menjadi aset yang bisa menghasilkan keuntungan suatu hari nanti, lho. Misalnya furnitur atau peralatan berkualitas tinggi yang bisa bertahan hingga 10 hingga 20 tahun ke depan.

Jika Anda akan berinvestasi pada perabot rumah tangga, pastikan Anda membelinya dengan kualitas tinggi. Misalnya, beli mebel kayu jati kelas satu seharga Rp 10 juta. Jika Anda merawatnya dengan baik, Anda akan dapat menjualnya kembali dengan harga yang kompetitif di masa mendatang.

2. Investasi real estat online
Banyak orang berpikir bahwa berinvestasi di real estate membutuhkan modal yang sangat besar. Pasalnya, harga rumah, tanah, bangunan komersial atau apartemen terus meningkat setiap tahunnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena investasi ini bisa dilakukan dengan modal awal Rp 100.000 saja. Bagaimana?

Saat ini ada kerjasama investasi real estate yang biasanya dilakukan secara online yang disebut crowdfunding untuk pembelian rumah. Anda dapat mengikuti mereka di banyak aplikasi tepercaya yang menyediakan layanan ini. Dengan investasi ini, Anda dapat menginvestasikan 1% dari harga properti.

3. Berinvestasi emas
Selain keuntungan yang bisa mencapai 12% per tahun dan tingkat likuiditas yang tinggi, investasi emas juga menjadi pilihan banyak investor karena mudah dilakukan. Anda bisa membeli emas dengan sangat murah karena saat ini sudah tersedia berbagai jenis miniatur emas dengan batu kecil yang tersedia di toko emas.

Anda juga bisa membeli dan menjual emas langsung di toko emas, pegadaian, toko emas, atau bahkan online. Jika Anda ingin berinvestasi secara online, pastikan Anda membeli emas dari bursa atau e-commerce atau simpan emas langsung di aplikasi investasi emas ternama seperti Antam atau pegadaian.

4. Berinvestasi antik
Layaknya perabot rumah tangga berkualitas, barang antik yang dijadikan barang koleksi bisa menjadi aset berharga di masa depan. Selain itu, saat ini banyak orang yang sangat menghargai barang antik.

Jika Anda menyukai barang antik, baik berupa hardware, perkakas mesin, aksesoris etnik, atau barang lainnya, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Perhatikan tingkat kebersihan dan keamanan di tempat penyimpanan agar koleksi antik Anda tidak mudah rusak dan nilainya lebih tinggi saat dijual di kemudian hari.

Jika Anda ingin berinvestasi dan mendapatkan keuntungan lebih besar selain keempat contoh diatas, Anda bisa melakukan investasi pada platform P2P Lending Indonesia dengan menjadi investor penyedia dana untuk pinjaman kepada para nasabah, khusunya UMKM. Salah satu platform terbaik yang bisa Anda coba adalah Akseleran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *