November 28, 2022

Kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengatakan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan dimakamkan di lokasi pemakaman keluarga yang ada di Cimaung, Kabupaten Bandung. Prosesi pemakaman putra sulung Ridwan Kamil tersebut akan dilangsungkan pada Senin (13/6/2022). Mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi, acara pemakaman pun akan difokuskan untuk pihak keluarga.

Oleh karena itu Erwin memohon maaf dan mengimbau warga yang sudah takziah ke Gedung Pakuan untuk tidak perlu ikut ke prosesi pemakaman. "Di hari Senin (13/6/2022), kami akan berangkat ke lokasi pemakaman keluarga yang berada di Cimaung, Kabupaten Bandung." "Untuk acara pemakaman, mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di pemakaman, kami memfokuskan acara pemakaman ini utamanya adalah dari pihak keluarga."

"Sehingga kami mohon maaf apabila berkenan untuk yang sudah menyampaikan doa di Pakuan untuk tidak perlu ke pemakaman," kata Erwin dalam konferensi pers yang dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV, Sabtu (11/6/2022). Menurut Erwin prosesi pemakaman Eril akan selesai pada siang hari. Kemudian setelahnya pihak keluarga mempersilahkan warga untuk berdoa atau takziah ke makam Eril.

Asalkan rangkaian acara penguburan Eril yang dihadiri pihak keluarga sudah selesai. "Namun demikian selesai acara pemakaman, diperkirakan selesai pada tengah hari, itu warga tetap diizinkan." "Apabila ada yang ingin berdoa atau ziarah kubur itu dipersilahkan setelah selesai rangkaian acara penguburan, terutama akan dihadiri oleh keluarga," terang Erwin.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, memberikan penjelasannya terkait skema pemulangan jenazah putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, dari Swiss ke Indonesia. Judha mengatakan, jenazah Eril akan dibawa ke Indonesia menggunakan penerbangan yang sama dengan Ridwan Kamil. Menurut Informasi dari KBRI Bern, Ridwan Kamil sudah berada di Bandara Zurich, Swiss dengan didampingi oleh pejabat KBRI Bern.

Pesawat yang ditumpangi Ridwan Kamil diketahui take off pada pukul 10.10 waktu setempat, atau pukul 15.10 WIB. "Jenazah Eril akan diterbangkan satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil beserta keluarga. Informasi yang kami dapat dari KBRI Bern, Bapak Ridwan Kamil didampingi pejabat KBRI Bern telah berada di Zurich Airport." "Direncanakan akan take off pada pukul 10.10 pagi waktu setempat, atau pukul 15.10 WIB," kata Judha dalam konferensi pers yang dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV, Sabtu (11/6/2022).

Lebih lanjut, Judha menuturkan, Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba di Bandara Seokarno Hatta pada Minggu (12/6/2022), tepatnya pukul 15.45 WIB. Kemudian jenazah Eril akan langsung dibawa ke Bandung, Jawa Barat menggunakan jalur darat. "Bapak Ridwan Kamil dan jenazah akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada hari Minggu (12/6/2022) pukul 15.45 WIB. Selanjutnya jenazah akan langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat," terang Judha.

Judha pun mendoakan agar proses kepulangan jenazah Eril bisa berlangsung lancar hingga nanti prosesi pemakaman. "Kita doakan bersama proses kepulangan jenazah ananda Eril dapat berlangsung lancar hingga nanti proses pemakaman," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *