November 28, 2022

Mulai 28 Mei 2022, KRL Commuter Line akan melakukan perubahan rute operasional dan pengembangan di Stasiun Manggarai yang akan dijadikan sebagai stasiun sentral. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, menjelaskan Switch Over (SO) 5 di Stasiun Manggarai untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengguna KRL. "Orang melihat transit di Stasiun Manggarai itu ribet. Tapi sekarang, transit di Manggarai tidak lagi perlu nyebrang rel. Tinggal turun atau naik dengan lift, eskalator maupun tangga manual," ujar Anne di acara Ngobrol Santai bareng Komunitas di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

"Jadi kalau dulu KRL ada di jalur 1 sampai 6 dan beroperasi di atas, 12 jalur. Yang tadinya mikir pindah jalur dari 1 ke 12 itu harus nyebrang. Tapi sekarang sudah terpusat. Yang di bawah hanya jalur 6 dan 7, serta atas jalur 10 sampai 12," ujarnya. "Temen temen tinggal naik atau turun tangga untuk transit. Ini untuk keselamatan kita semuanya," kata dia. Dampak SO 5 terhadap masyarakat dan layanan kereta api di Stasiun Manggarai ialah dengan pengalihan jalur Bogor line relasi Bogor ke arah Jakarta Kota lewat elevated layang maka dapat mengurangi kepadatan antrean KA di Stasiun Manggarai dari arah Jatinegara Bekasi sehingga meningkatkan kenyamanan perjalanan KA dan juga meningkatkan pelayanan terhadap penumpang KA.

Selanjutnya, meningkatkan keselamatan dan keamanan pengguna KA saat perpindahan peron untuk transit, sehingga mengurangi resiko aktivitas penumpang yang melewati Passanger Crossing. "Stasiun ini sudah 3 lantai untuk peningkatan kualitas pelayanan dan keselamatan. Manggarai itu bisa melayani penumpang transit hingga 200.000 orang dan headway sudah cukup singkat. Kenyamanan kita saat ini diambil untuk keamanan dan kenyamanan kedepannya," ungkap Anne. Nantinya Rute KRL Bogor Jatinegara akan dihapus, sehingga KRL dari Stasiun Bogor hanya akan memiliki rute Bogor Jakarta Kota.

Pengguna KRL dari Bogor yang akan menuju ke stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara tidak bisa langsung, namun harus transit terlebih dahulu di Stasiun Manggarai. KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang. Untuk KRL dari Cikarang/Bekasi yang akan ke arah Jakarta Kota juga harus transit di Stasiun Manggarai dan berganti kereta menuju jalur Bogor Jakarta Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *