April 14, 2024
Mengenal Jenis Kain Satin yang Bagus

Kain satin merupakan jenis kain yang populer di kalangan para desainer dan pengrajin pakaian. Hal ini dikarenakan kain satin mempunyai karakteristik yang sangat unik dan cantik. Ada banyak jenis kain satin yang bagus beredar di pasaran, namun tidak semua dibuat sama.

Pada artikel ini, kami akan membahas jenis kain satin yang paling bagus dan bisa Anda gunakan untuk membuat pakaian indah dan memukau. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Jenis Kain Satin yang Bagus?

Kain Satin Bridal (Duchesse)

Jenis kain satin bridal merupakan kain yang termasuk pada jenis kain satin premium dengan kualitas tinggi. Dengan kualitasnya ini, maka sering sekali digunakan untuk gaun pengantin. Jika dibandingkan dengan jenis kain satin lainnya, fisik kain ini cukup kaku, tebal, dan tidak mudah robek juga tampilannya terlihat mengembang saat digunakan.

Kain satin bridal dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti home decoration,  dompet, bantal hias, pouch kosmetik, serta goodie bag. Kain satin bridal ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kain satin bridal Jepang dan Korea.

Kain Satin Faconne (Jackquard Satin)

Kain satin faconne atau sering disebut sebagai jackquard satin merupakan varian satin yang mempunyai berbagai motif sebut saja seperti garis, paisley, dan lain-lain. Kain satin faconne dengan tekstur tidak sekaku satin bridal, namun berat dan kualitas jenis ini berbeda-beda.

Satin faconne mempunyai ciri-ciri yang lebih lembut dan lentur apabila dibandingkan dengan jenis duchesse. Kain satin faconne sangat cocok digunakan sebagai bahan utama pembuatan beragam macam gaun wanita yang memerlukan kesan mewah ketika digunakan.

Kain Satin Slipper

Kain satin slipper merupakan jenis kain satin yang bisa dicelup maka warna yang didapatkan bisa sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, kain ini lebih banyak digunakan sebagai bahan utama sepatu pesta, tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, kain satin slipper juga dapat digunakan untuk membuat sepatu balet.

Kain satin slipper mempunyai karakteristik yang kaku, sangat cocok untuk dijadikan bahan baku sepatu. Keunggulan lain dari jenis slipper ini yaitu kainnya bisa dicelup ke air dan bisa digunakan sebagai bahan pelapis sepatu.

Kain Satin Delustered

Mempunyai nama Perancis “peau de soie” yang artinya kulit sutra, kain satin delustered ini mempunyai tampilan mengkilap pada kedua sisinya dan juga ringan. Sebab tampil mengkilap pada kedua sisinya ini, maka kain satin delustered bisa digunakan bolak-balik.

Kain satin ini cocok sekali dijadikan bahan utama dalam membuat pakaian sehari-hari. Bahannya yang ringan dan mengkilap di kedua sisinya,  membuat jenis ini dikenal sebagai kain sutra. Dibandingkan jenis kain satin lainnya, satin delustered sangat berbeda.

Kain Satin Damask

Kain satin damask merupakan salah satu jenis yang mempunyai berbagai pola menawan dengan desain cukup rumit. Maka pola yang ada pada jenis ini lebih timbul sebab menggunakan kain beludru di atas dasar satinnya.

Kain satin damask kebanyakan mempunyai pola yang indah dan juga cantik. Bahan Kain ini sangat disukai oleh banyak orang karena mempunyai tekstur yang sangat halus dan mempunyai motif indah. Kain satin damask bisa memunculkan kesan yang elegan.

Inoui Print sebagai digital kain printing menawarkan berbagai pilihan kain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari bahan kain printing satin, katun, dan rayon, Inoui Print akan mencetak desain kain sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi website https://www.inouiprint.com/id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *