April 14, 2024
Pentingnya Segera Lapor Penipuan Online Untuk Para Korban

Hidup di era teknologi seperti sekarang ini memang membuat banyak hal dapat dilakukan secara mudah khususnya berbasis digital karena adanya internet. Hal-hal seperti berbelanja yang dulunya selalu dilakukan secara langsung, sekarang bisa dilakukan online melalui perangkat teknologi yang dimiliki. Namun di balik kemudahan tersebut ancaman tindak kejahatan juga tetap ada, salah satunya adalah penipuan online, wajib untuk segera lapor penipuan online jika menjadi korbannya.

Di Indonesia sendiri kasus penipuan online memang jadi semakin marak beberapa tahun belakangan ini, apalagi semenjak pandemi jumlah pengguna internet juga semakin tinggi, hal tersebut diimbangi dengan resikonya juga. Setiap orang, termasuk diantara adalah Anda bisa saja menjadi korban, apalagi jika tidak berhati-hati. Korban ini macam-macam kerugiannya, yaitu ada yang disalahgunakan data pribadinya sampai dengan resiko yang lebih serius adalah kehilangan uang yang ada di dalam rekening.

Rata-rata nasabah perbankan saat ini memang sudah mulai mengandalkan layanan mobile banking, yaitu produk perbankan berbasis digital. Hanya lewat satu aplikasi saja sudah bisa untuk melakukan berbagai jenis transaksi, mulai dari transfer, melakukan pembayaran, bahkan ada fitur tarik tunai tanpa kartu juga yang ditawarkan. Namun jika tidak berhati-hati bisa saja nantinya ponsel tersebut disadap, bahkan juga uang yang ada di dalam rekening tersebut lenyap atau hilang begitu saja. Sudah banyak korbannya, bahkan yang mengalami kerugian materi hingga milyaran rupiah.

Sebagai korban tentunya penting segera lapor penipuan online tersebut, berikut ini beberapa alasannya, yaitu :

  1. Agar kasus bisa segera diproses dan pelaku ditangkap, semakin ditunda-tunda dalam mengajukan laporan kepada pihak yang berwajib, biasanya pelaku pasti akan lebih sulit dideteksi jejaknya. Untuk itulah ketika Anda sudah sadar bahwa menjadi korban tindak kejahatan dunia maya atau cyber crime, maka jangan ragu untuk segera melapor, jadi nantinya kasus juga bisa segera diproses dan pelaku juga akan segera ditangkap, jangan menunda membuat laporan.
  2. Memberikan efek jera kepada pelaku, dengan korban yang diam saja tanpa membuat laporan pengaduan, tentunya pelaku tidak akan mendapatkan sanksi apapun. Hal ini membuat mereka bisa berkeliaran dengan mudah serta menipu orang-orang di luar sana. Jika korban mau speak up dan melapor, ini akan mempermudah polisi untuk segera menangani kasus tersebut. Ketika nantinya pelaku sudah tertangkap, maka nantinya akan diberikan hukuman. Hal ini akan membantu pelaku tindak kejahatan ini mendapatkan efek jera dari tindakan yang sudah dilakukan, baik itu didenda maupun dipenjara.
  3. Mencegah adanya korban lain, Anda harus tahu bahwa tindak kejahatan semacam ini pastinya tidak hanya dilancarkan pada satu orang atau satu calon korban saja, melainkan ada banyak diantara masyarakat lain yang dijadikan sebagai target oleh pelaku tersebut. Hal ini sudah pasti meresahkan bukan, bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada banyak korban lagi, karena jika seandainya modus yang dilancarkan oleh pelaku kejahatan tersebut baru. Tentunya masih banyak orang di luar sana yang belum tahu mengenai modus tersebut dan beresiko untuk jadi korban. Jika Anda mau melapor dan pelaku tertangkap, serta kasusnya viral, tentu dapat mencegah jatuhnya korban-korban yang baru.
  4. Kemungkinan bisa mendapatkan pengembalian kerugian, meskipun tidak ada jaminan, namun tetap ada jaminan juga Anda mendapatkan kembali kerugian uang yang dialami. Contohnya saja pada beberapa kasus penipuan dalam belanja online yang kerab kali terjadi, yaitu ketika uang sudah dikirimkan, namun barang tidak kunjung diberikan. Hal ini tentunya meresahkan bukan, apalagi untuk Anda yang menjadi korbannya, uang sudah terlanjur dikirim, namun dengan membuat pengaduan ke polisi, hingga ke bank yang bersangkutan, seperti diantaranya bank BCA yang juga mendukung tindak lanjut kasus kejahatan cyber. Maka pihak perbankan bisa segera memblokir nomor rekening dari penipu, sementara itu nantinya uang yang ada didalamnya akan dicairkan kepada korban.

Jadi jangan ragu segera lapor penipuan online, sebelum kondisinya bertambah parah, sulit untuk dideteksi jejaknya dan semakin banyak memakan korban yang baru. Mengingat kasus semacam ini cukup sering terjadi. Untuk informasi lebih lanjut klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *