in

10 Permainan Board Game Seru Terpopuler

Board game adalah permainan yang melibatkan bidak atau potongan yang dipindahkan atau ditempatkan pada permukaan atau papan yang telah ditandai sebelumnya, menurut seperangkat aturan tertentu. Permainan dapat didasarkan pada strategi murni, peluang atau campuran dari keduanya, dan biasanya memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh seorang pemain.

Ada banyak jenis dan gaya permainan board game. Aturan dapat berkisar dari yang sangat sederhana, seperti di Tic-tac-toe, hingga yang menggambarkan dunia game dengan sangat detail, seperti di 7 Wonders Duel. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk belajar memainkan atau menguasai permainan sangat bervariasi dari satu permainan ke permainan lainnya. Simak daftar 10 board game terbaik yang bisa kamu mainkan bersama pasangan atau keluarga berikut ini.

1. HIVE

board-game-hive

Lama Permainan: 30 menit
Tersedia di: Tokopedia / Bukalapak

Catur dipuja sebagai permainan papan yang “sempurna” karena relatif sederhana, tetapi memiliki komponen strategi yang dalam. Tidak heran jika Hive sering dibandingkan dengan permainan Catur.

Hive dimainkan tanpa papan, jadi Anda hanya perlu memainkan bidak dan permukaan datar. Pemain didistribusikan melalaui pilihan ubin. Setiap ubin memiliki satu dari lima jenis bug di atasnya, dan setiap bug memiliki aturan pergerakannya sendiri. Bagian terpenting adalah ratu lebah, yang harus ditempatkan di beberapa putaran pertama. Tujuan Anda adalah untuk mencegah ratu Anda diblokir oleh bidak lain dalam keadaan apa pun.

Setiap penggemar berat Hive memiliki strategi mereka sendiri, dan tidak ada satu cara yang tepat untuk bermain. 

Ini adalah pilihan yang bagus untuk pasangan yang suka bersaing dan belajar bagaimana menyesuaikan permainan mereka. Setelah Anda mulai mempelajari permainannya dengan baik, putaran dapat dimainkan dalam hitungan 15 menit, yang merupakan salah satu alasan kami menganggapnya sebagai salah satu permainan papan terbaik untuk 2 orang.

2. Pandemic Legacy: Season 1

board-game-pandemic-legacy

Lama Permainan: 1,5 jam
Tersedia di: Tokopedia / Blibli

Tujuan dari board game ini adalah untuk mengelola dan menyembuhkan penyakit yang melanda populasi dunia, tetapi sekarang terikat ke dalam narasi yang berkelanjutan, dengan mekanisme permainan baru yang diperkenalkan dengan setiap segmen cerita.

Cerita permainan berlangsung selama satu tahun, dan setiap bulan membawa tantangan baru. Memulai satu bulan selalu mengasyikkan karena gim ini menginstruksikan Anda untuk membuka kompartemen rahasia baru di dalam kotak, menambahkan aturan ke buku aturan, dan terkadang memperkenalkan Anda ke karakter baru yang dapat dimainkan. 

Anda kemudian memainkan permainan di bawah aturan baru, hanya berharap Anda dapat mengendalikan penularan virus pandemi. Game ini hanya menyediakan satu permainan melalui kampanye, yang bekerja sekitar 20 atau 30 jam waktu permainan, dan memiliki nilai replay yang terbatas. 

 Kenangan yang akan Anda bangun dengan memainkan kampanye Pandemic Legacy adalah kenangan yang akan bertahan seumur hidup.

Ini adalah permainan papan untuk 2 pemain yang sangat kooperatif. Sementara setiap karakter mengontrol tindakan pion mereka sendiri, sangat penting bahwa pemain bekerja sama untuk menyembuhkan penyakit dunia dan memenangkan permainan setiap bulan. Jika Anda tidak terkoordinasi, dunia akan jatuh ke dalam kekacauan, dan bulan-bulan berikutnya akan menjadi lebih sulit untuk dikalahkan.

3. Legendary

board-game-legendary

Lama Permainan: 1 jam
Tersedia di: Tokopedia / Bukalapak

Setiap penggemar Marvel yang TIDAK memiliki game ini benar-benar keterlaluan. Kamu pasti ingin membuat tim mashup dari karakter favorit Anda dari Marvel Universe dan melawan penjahatnya yang paling terkenal, bukan?

Legendary  adalah gim kartu dek yang cukup standar. Anda mengambil 6 kartu dari tangan Anda dan menggunakan kekuatan yang mereka berikan untuk melawan penjahat dan antek mereka atau untuk merekrut pahlawan baru, memperkuat dek Anda. 

Alasan Legendary memiliki daya tarik lebih dari jenis permainan dek lainnya adalah karena tema Marvel-nya. Jauh lebih menyenangkan untuk menggambar tangan dengan tokoh Iron Man, Colossus, dan Rocket Raccoon daripada beberapa pencuri dan perampok fantasi biasa.

Semua pemain bekerja sama untuk mengalahkan dalang di balik plot jahat. Baik dalang dan plot dipilih oleh para pemain di awal permainan untuk menentukan tingkat kesulitan. 

Di akhir permainan, jika pemain menang, Anda memiliki opsi untuk menjumlahkan semua poin yang diperoleh dari antek yang Anda kalahkan, pukulan yang Anda kirimkan ke dalang, dan pengamat yang Anda selamatkan. Poin-poin ini menentukan pemenang akhir. 

Gaya permainan akan sangat bergantung pada pahlawan yang Anda pilih. Beberapa lebih kompatibel daripada yang lain dan memungkinkan Anda membuat kombo yang mematikan. Tidak semua pahlawan/penjahat Marvel tersedia di set utama, jadi Anda mungkin tertarik untuk mengambil ekspansi kartu yang menampilkan jagoan favorit Anda, tetapi permainan dasar itu sendiri memberikan nilai replay yang lebih dari cukup.

4. 7 Wonders Duel

Lama Bermain:  45 menit
Tipe Permainan:  Tokopedia

Dalam Duel , dua pemain bergiliran memilih kartu yang diletakkan di atas meja dan mencoba membuat kombinasi kartu yang paling kuat. Ada banyak cara untuk menang; seorang pemain dapat melakukan penelitian ilmiah paling canggih, menghancurkan musuh mereka dengan pasukan yang kuat, atau hanya mendapatkan poin kemenangan terbanyak. 

Permainan ini mengharuskan pemain untuk terus mengawasi sisi meja lawan mereka, memilih kartu untuk melawan strategi lawan dan membantu strategi mereka sendiri.

Ada unsur keberuntungan dalam permainan, karena kartu diletakkan secara acak dan kemungkinan besar akan membongkar rencana Anda seperti halnya membantu mereka. Ini mengurangi rasa frustrasi di antara pemain. Bagi kita pecinta kompetisi, 7 Wonders Duel adalah permainan menyusun kartu untuk 2 pemain yang sempurna.

5. Android Mainframe

board-game-android-mainframe

Lama Permainan:  45 menit
Tersedia di:  Tokopedia / Blibli

Seri board game dari Android telah melahirkan sejumlah permainan papan yang luar biasa, masing-masing dengan gaya bermain yang unik. Mainframe adalah yang paling sederhana, karena hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengerti.

Tujuan Mainframe adalah untuk mengontrol wilayah di papan. Anda melakukannya dengan menempatkan ‘titik akses’ (token yang menampilkan karakter Anda) di papan, dan kemudian mempartisi papan hingga hanya titik akses karakter Anda yang tersisa di dalam spasi. Setumpuk kartu menentukan bagaimana partisi dapat diletakkan di setiap belokan, membatasi pilihan pemain dan membuat setiap belokan menantang dengan caranya sendiri.

Setiap karakter juga memiliki kekuatan unik mereka sendiri, meninggalkan unsur ketidakpastian dalam permainan — meskipun sedikit keacakan yang terlibat. Anda hampir pasti memenangkan Mainframe jika Anda licik, atau jika lawan Anda melakukan kesalahan.

Mainframe memainkan hingga 4 pemain, dan meskipun skalanya sangat baik, ada sesuatu tentang permainan dua pemain yang sangat menarik. Artinya, Anda harus segera merespons gerakan lawan, dan tidak ada risiko pemain yang jelas-jelas tidak bisa menang lagi bertindak sebagai agen kekacauan. Ini adalah permainan yang sempurna untuk sepasang penggemar strategi hardcore.

6. Bioshock Infinite: Siege Of Columbia

Lama Bermain:  2 jam
Tipe Permainan:  Kompetitif

Bioshock Infinite: The Siege of Columbia  adalah permainan perang kecil yang menyenangkan yang dirancang untuk dua pemain.

Alih-alih bermain sebagai Booker dan Elizabeth, protagonis dalam versi video gamenya, permainan papan berfokus pada pertempuran antara pasukan Vox Populi dan Comstock. Berbagai bagian yang dikontrol oleh masing-masing pihak, serta lokasi yang Anda tempati, akan akrab bagi siapa saja yang memainkan game aslinya. 

Masing-masing pihak mencoba untuk mengambil alih wilayah sebanyak mungkin, dengan tujuan mendapatkan 10 poin kemenangan. Anda menyusun kartu untuk membuat tangan yang kuat dan memanggil tentara Anda ke area yang sesuai. Anda hanya perlu melindungi wilayah Anda dari lawan dan dari Booker serta Elizabeth.

 Anda membangun kekuatan Anda sebaik mungkin, Anda mempersiapkan diri untuk pertempuran, dan kemudian Booker masuk dan membunuh semua orang . Tidak ada cara untuk mengetahui siapa yang akan dia serang dan kapan. Anda hanya bisa berharap Anda memiliki kekuatan yang cukup untuk menghentikannya sebelum dia melakukan terlalu banyak kerusakan.

Namun, game ini mungkin tidak cocok untuk semua orang. Potongan-potongannya menawan, temanya luar biasa, dan harganya sangat terjangkau. Gamer dengan kesabaran untuk sesekali mengalami nasib buruk, dan khususnya mereka yang merupakan penggemar berat Bioshock Infinite harus segera membeli board game yang satu ini.

7. Timeline Challenge

Lama Bermain:  1 jam
Tipe Permainan:  Kompetitif

Timeline adalah serangkaian permainan trivia yang mengharuskan pemain untuk mengidentifikasi tahun berapa peristiwa tertentu terjadi, dan memasukkannya ke dalam timeline yang terus meningkat. 

Permainan Timeline hadir dalam paket yang menampilkan topik seperti peristiwa sejarah, sains dan penemuan, serta musik dan bioskop, sangat menyenangkan dan merupakan pilihan bagus untuk dua pemain.

Ketika Timeline Challenge dirilis, jelas bahwa ini adalah cara untuk membuat Timeline menjadi pengalaman yang menyenangkan dan segar. Alih-alih membuat garis waktu kartu yang sederhana, Timeline Challenge adalah serangkaian mini-game. Bergantung pada rondenya, Anda mungkin harus mengurutkan kartu, menebak di era mana acara tersebut berlangsung, atau menebak tahun tepatnya acara tersebut berlangsung. Ini menambah lapisan kesulitan pada permainan yang memberikan umur panjang dan peningkatan kesulitan.

Game ini cukup seru dan luar biasa. Jika Anda seorang penggemar sejarah, atau hanya ingin memoles pengetahuan trivia Anda, ini adalah permainan yang sempurna untuk dua orang atau lebih.

8. Time Stories

Lama Bermain:  3 hingga 6 jam
Waktu Permainan:  Cooperative

TIME Stories hanya menampilkan satu cerita, dan hanya dapat dimainkan satu kali. Namun dibandingkan dengan game single-play lainnya, TIME Stories sangat singkat.

TIME Stories mengikuti empat detektif yang melakukan perjalanan waktu ke tempat kejadian kejahatan yang mengerikan, mencoba dan menentukan apa yang salah dan mengaturnya menjadi benar. 

Sebagai detektif, Anda harus mencoba menyelidiki dan menyelesaikan kejahatan secepat mungkin dan Anda mendapatkan tiga kali percobaan untuk melakukannya dengan benar. Hasil dari permainan Anda sebelumnya dibawa ke permainan berikutnya, sehingga memberi Anda kor yang bagus atau menghukum Anda untuk skor yang negatif.

Meskipun game ini jelas ditujukan untuk tim yang terdiri dari empat pemain, kami menemukan bahwa memainkannya secara berpasangan merupakan pengalaman yang menyenangkan. 

Dibutuhkan kerja sama yang intens dan pemecahan masalah untuk memecahkan teka-teki dan mengikuti petunjuk yang tepat sehingga Anda akhirnya bisa merasa terlibat secara emosional dalam ceritanya.

9. Quadropolis

Lama Bermain: 1,5 jam
Tipe Permainan:  Kompetitif

Jika Anda adalah penggemar berat Sim City, mungkin sudah saatnya Anda memainkan permainan papan yang satu ini. Permainan Quadropolis  bukan yang rumit, tetapi justru sangat menghibur dan ringan yang skalanya sangat baik untuk dua orang. Ini juga menawarkan dua tingkat kesulitan, jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih intens.

Quadropolis hampir mirip dengan Sudoku. Ubin dengan bangunan dan sumber daya yang berguna ditempatkan di kotak dan harus dikumpulkan menggunakan ubin bernomor 1, 2, 3, dan 4. Setiap pemain memiliki kotak sendiri dengan baris dan kolom yang diberi label dengan setiap nomor, dan ubin yang dikumpulkan menggunakan itu nomor harus ditempatkan pada baris atau kolom yang sesuai.

Ada berbagai cara untuk mencetak poin, tergantung pada jenis bangunan yang telah Anda kumpulkan, jadi ada lebih dari satu cara untuk menang. Pemain yang pandai dapat memblokir gerakan terbaik lawan mereka melalui pilihan mereka, meskipun sebagian besar waktu pemain tetap menggunakan perangkat mereka sendiri.

Jika Anda ingin menikmati malam membangun surga kota yang sempurna, Quadrapolis adalah pilihan yang sangat baik.

10. Sherlock Holmes Consulting Detective: The Thames Murders Board Game

Lama Bermain: 2 Jam
Tipe Permainan: Baik

Tidak ada game yang akan membuat Anda merasa lebih seperti detektif sungguhan selain permainan Sherlock Holmes: Consulting Detective. Disini Anda memecahkan kejahatan bersama Mr. Holmes sendiri, mencari petunjuk dan mengumpulkan petunjuk. Anda melakukannya dengan membaca cerita dan mengunjungi lokasi di peta London yang dibuat dengan indah.

Bahkan ada serangkaian surat kabar untuk Anda cari petunjuk lebih lanju.! Tujuannya adalah untuk memecahkan misteri lebih cepat atau lebih lengkap daripada yang dilakukan Sherlock.

Total terdapay 10 kasus, dan setelah Anda memainkannya, tidak ada nilai replay yang sebenarnya. Anda mungkin tidak akan pernah mengalahkan Holmes, tetapi pengalaman untuk bersaing dengan detektif seperti Sherlock akan terasa menyenangkan.

Game ini dapat dimainkan secara kooperatif atau kompetitif, tetapi kami menemukan bahwa bekerja bersama adalah yang paling bermanfaat setidaknya Anda berdua bisa memecahkan kasus dan misteri secara bersama-sama.

Written by Jeffry

A Techno lover!

spoiler-one-piece-1017

Prediksi “One Piece” Chapter 1017: Rahasia dari Buah Iblis Luffy Terungkap?

rekomendasi-film

Rekomendasi Film: Ready Player One, The Post & Red Sparrow