June 24, 2024
Pengertian, Hal yang Perlu Diperhatikan dan Manfaatnya

Karyawan adalah aset terpenting perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan karyawannya dengan memberikan fasilitas khusus selain gaji. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan kredit karyawan atau pinjaman karyawan.

 

Apa Itu Pinjaman Karyawan?

Pinjaman karyawan atau pinjaman karyawan adalah dana pinjaman yang diberikan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Seperti kebanyakan sistem pinjaman, karyawan diharapkan membayar kembali perusahaan.

Umumnya perusahaan memberikan fasilitas pinjaman berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Mobil (KKB) dan Kredit Sepeda Motor (KSM).

Namun karena aturan mengenai fasilitas pinjaman pegawai belum ada dasar hukumnya, maka jenis pinjaman dan aturannya tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Oleh karena itu, jika Perusahaan A mengajukan pinjaman karyawan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), belum tentu Perusahaan B juga menerapkan fasilitas yang sama.

Oleh karena itu, perusahaan juga harus meneliti kebutuhan karyawan sebelum mengajukan pinjaman. Sehingga fasilitas pinjaman karyawan yang diberikan tepat.

 

Jenis Pinjaman yang Dapat Diberikan Perusahaan

Secara umum, ada dua jenis pinjaman karyawan yang dapat diberikan perusahaan. Dimana masing-masing pinjaman tersebut memiliki aturan tersendiri, mulai dari durasi fee, bunga dan tujuan pinjaman. Jadi jenis pinjaman apa yang dapat dilakukan perusahaan?

Pengertian, Hal yang Perlu Diperhatikan dan Manfaatnya

  1. Kasbon Karyawan

Pinjaman ini seharusnya terdengar akrab, bukan? Dimana, ketika karyawan tiba-tiba membutuhkan uang, mereka bisa meminta rekening kas. Tidak ada aturan baku bagi perusahaan mengenai jumlah uang tunai yang bisa diperoleh.

Namun, rekening kas biasanya tidak boleh melebihi sepertiga dari gaji bulanan. Jika gaji karyawan adalah Rp 9.000.000, maka maksimum bonus tunai yang dapat diberikan adalah Rp 3.000.000.

Hindari pengeluaran uang tunai lebih dari itu karena akan mempengaruhi kebiasaan meminjam karyawan dalam jumlah yang lebih besar setiap bulannya.

Selain itu, dari sisi psikologis, gaji bulanan yang dipotong terlalu rendah juga akan menurunkan semangat kerja, karena gaji Anda digunakan untuk melunasi hutang.

 

  1. Kredit Lunak

Jenis pinjaman ini biasanya memiliki jangka waktu yang lebih panjang daripada uang tunai dengan bunga rendah atau bahkan 0%.

Fasilitas pinjaman ini biasanya diberikan kepada karyawan yang memiliki masa kerja tertentu, misalnya satu hingga lima tahun, dan hanya berlaku untuk karyawan tetap. Dimana pembayarannya dilakukan dengan sistem potong gaji setiap bulan.

 

Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberikan Pinjaman

Meskipun Anda telah menetapkan syarat dan kebijakan bagi karyawan yang ingin memberikan pinjaman, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum mengajukan pinjaman. Apakah itu? Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

 

  1. Posisi keuangan perusahaan

Sebelum memberikan pinjaman, Anda harus memperhatikan kondisi keuangan perusahaan. Anda tidak boleh memberikan pinjaman karyawan tanpa melihat posisi keuangan perusahaan karena akan mengakibatkan hal buruk bagi perusahaan.

Jika hal ini terjadi, tidak hanya situasi keuangan yang akan menjadi rumit, tetapi juga dapat berdampak negatif pada produktivitas perusahaan.

 

  1. Track record karyawan

Tentu setiap karyawan memiliki hak untuk mengakses pinjaman yang diberikan oleh perusahaan. Namun ada baiknya untuk terus tertarik dengan track record dari seorang karyawan.

Jangan sampai karyawan yang mengalami masalah pinjaman dengan mudah mengembalikan pinjamannya tanpa perlu bekal tambahan akibat dari masalah yang dialami sebelumnya.

 

  1. Peninjauan dan persetujuan prosedur

Perhatian juga harus diberikan pada prosedur persetujuan untuk memudahkan karyawan mengajukan pinjaman, serta memudahkan perusahaan untuk meninjau dan menanggapi aplikasi pinjaman yang diajukan.

Misalnya, karyawan harus menyerahkan formulir aplikasi kredit dan menyerahkan dokumen yang diperlukan. Perusahaan kemudian memverifikasi data dan baru setelah itu aplikasi dapat disetujui atau ditolak.

 

  1. Bunga pinjaman karyawan

Pemberian fasilitas pinjaman kepada karyawan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan untuk menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan. Karyawan yang merasakan patronase perusahaan Anda pasti akan merasa bahagia.

 

Manfaat dari Pinjaman Karyawan

Berikut ini beberapa manfaat yang ditimbulkan dari pemberian pinjaman kepada karyawan.

 

  1. Meningkatkan produktivitas karyawan

Masalah keuangan, seperti biaya pendidikan anak, biaya pengobatan, atau biaya hidup, dapat menimbulkan stres pada karyawan. Pinjaman karyawan dapat mengimbangi biaya yang timbul dalam kehidupan pribadi karyawan, sehingga dapat membantu mengurangi stres.

Dengan demikian, karyawan dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka, yang mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi.

 

  1. Mengembangkan loyalitas kepada karyawan

Perusahaan dapat mengembangkan reputasi sebagai tempat kerja yang peduli dengan kebutuhan karyawannya.

Selain itu, fasilitas pinjaman karyawan dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Karena karyawan akan berpikir dua kali sebelum pindah kerja, jika perusahaan lain tidak memberikan fasilitas yang sama.

 

Mengenal Akseleran, Perusahaan Fintech P2P Lending Indonesia

Akseleran adalah P2P Lending Fintech Indonesia yang memberikan bantuan dana yang telah terkumpul dari pemberi dana yang telah bergabung. Fokus utamanya adalah memenuhi kebutuhan usaha dalam pemberian modal sehingga bisa mengoperasikan usaha dengan lebih lancar.

Untuk Anda yang tertarik untuk mendapatkan modal maupun produk pinjaman lainnya, anda bisa mengunjungi situs resmi dari Akseleran. Selain itu, bagi anda yang ingin berinvestasi, Anda bisa menjadi pemberi pinjaman bersama Akseleran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *