September 25, 2022

Setiap keluarga pasti ingin menjadi keluarga bahagia. Ada banyak tips untuk membangun keluarga bahagia. Memang, komunikasi adalah kuncinya. Tetapi, artikel keluarga ini akan membagikan tips lain yang tak kalah pentingnya.

Cara Jadi Keluarga Bahagia
Tips Bangun Keluarga Bahagia

Berikut beberapa cara untuk menjadi keluarga yang bahagia :

1. Quality time
Quality time sangat penting. Jadi, luangkan waktu untuk makan malam bersama atau sekedar ngobrol bareng. Sebaiknya, jauhkan dulu gadget selama quality time.

2. Saling memuji
Meski sibuk, jangan lupa beri perhatian ke pasangan dan anak-anak. Jangan lupa berikan pujian agar hubungan keluarga semakin erat.

3. Merasa bangga
Rahasia keluarga bahagia adalah merasa bangga dengan hubungan yang dimiliki. Misalnya, Anda bisa mengajak pasangan ke acara penting dan memperkenalkannya.

4. Jaga komunikasi
Pastikan komunikasi antar anggota keluarga tetap terjaga. Jadi, keluarkan saja uneg-uneg yang ada. Penting untuk menciptakan waktu bersama.

5. Mengalah & berkompromi
Saat adu argumen, harus ada salah satu yang mengalah. Ini bukan berarti Anda mengiyakan apa saja yang dibicarakan pasangan, tapi coba cari bicara dengan lebih halus dan cari jalan keluar bersama.

6. Banyak tertawa
Saat awal hubungan, mungkin Anda dan pasangan sering tertawa bersama. Agar hubungan tetap harmonis, Anda dan pasangan harus bisa mempertahankan kebiasaan ini. Bahkan saat sudah punya anak, tertawa bersama di sela-sela momen bersama keluarga akan membuat hubungan lebih dekat.

7. Berbagi tugas
Memang, suami dan istri sudah punya tugas masing-masing. Tapi, tak ada salahnya Anda dan pasangan untuk berbagi tugas. Suami bisa sesekali membantu istri memasak, atau istri juga bisa menyiapkan kebutuhan suami dalam pekerjaan.

8. Hindari pertengkaran
Berbeda pendapat adalah hal biasa dalam sebuah keluarga. Tetapi, jangan sampai hal tersebut menyebabkan terjadinya sebuah pertengkaran. Jika Anda dan pasangan sedang adu argumen, usahakan tidak di depan anak-anak.

9. Buat kegiatan bersama
Agar menjadi keluarga bahagia, perlu ada kegiatan rutin yang dilakukan bersama sekeluarga. Jika memang tidak ada, maka buat kegiatan bersama yang sekiranya menyenangkan. Misalnya, Anda sekeluarga bisa mengajak berkebun setiap akhir pekan.

10. Saling perhatian
Saling mencurahkan perhatian juga penting dalam sebuah keluarga bahagia. Bahkan, perhatian kecil saja akan sangat berarti dan membuat pasangan bahagia. Misalnya, jangan lupa untuk mengucapkan kata sayang atau cinta ke pasangan setiap hari.

11. Bagi waktu
Anda mungkin menghabiskan berjam-jam setiap hari untuk bekerja. Tetapi, Anda juga harus bisa membagi waktu untuk keluarga. Sepulang kerja, lupakan sejenak urusan pekerjaan dan luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

12. Buat keputusan bersama
Dalam keluarga, kepala keluarga memang menjadi pemimpin. Tetapi, usahakan selalu berdiskusi dulu dengan pasangan dalam membuat keputusan. Dengan begitu, Anda dan pasangan sama-sama merasa senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.