November 28, 2022

Invasi Rusia ke Ukraina masih berjalan dan memasuki hari ke 148 pada Kamis (21/7/2022). Pada hari ke 148, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan tugas militer Moskow sekarang melampaui wilayah Donbas timur untuk secara permanen menduduki petak luas Ukraina selatan. Sergei Lavrov mengatakan Rusia mungkin mencari lebih banyak wilayah di sepanjang garis depan di Ukraina.

Ia menyebutnya sebagai penyangga terhadap artileri roket Himars yang dipasok Amerika Serikat (AS). "Sekarang geografinya berbeda," kata Lavrov. “Bukan hanya Donetsk dan Luhansk, ini Kherson, Zaporizhzhia, dan sejumlah wilayah lainnya," imbuhnya.

Rusia telah menutup gagasan untuk melanjutkan pembicaraan damai dengan Ukraina. Mereka menuduhnya tidak layak mendapatkan "perhatian serius dari orang orang serius". Lavrov mengatakan, pertemuan sebelumnya membuktikan Ukraina tidak memiliki keinginan untuk membahas apapun dengan sungguh sungguh.

"Mereka tidak akan pernah bisa mengartikulasikan apa pun yang pantas mendapat perhatian serius dari orang orang yang serius," lanjutnya. "(Pembicaraan damai) tidak masuk akal dalam situasi saat ini.” Serangan rudal Rusia di kota Kharkiv, Ukraina timur menewaskan tiga orang pada Rabu, menurut pejabat setempat.

Gubernur regional Oleh Synehubov mengatakan mereka yang tewas termasuk seorang pria, seorang wanita dan seorang anak laki laki berusia 13 tahun saat dia menunggu di halte bus. Penembakan Ukraina merusak parah jembatan penting Antonivskiy di wilayah Kherson yang dikuasai Rusia di Ukraina selatan, kata otoritas regional yang didirikan Moskow. Jembatan itu adalah salah satu dari hanya dua titik persimpangan bagi pasukan Rusia ke wilayah yang mereka duduki di tepi barat sungai Dnieper di Ukraina selatan.

Ini telah menjadi target utama bagi pasukan Ukraina dalam beberapa hari terakhir. Ibu negara Ukraina, Olena Zelensk, mengimbau anggota parlemen AS untuk menyediakan lebih banyak senjata untuk melawan "Rusia's Hunger Games" dalam pidato emosional 15 menit kepada anggota DPR dan Senat. "Saya meminta senjata, senjata yang tidak akan digunakan untuk berperang di tanah orang lain, tetapi untuk melindungi rumah seseorang dan hak untuk bangun hidup hidup di rumah itu," katanya.

Dia seraya menambahkan bahwa senjata AS dapat membantu menjamin keamanan. “kemenangan besar bersama”. Menteri Pertahanan, Lloyd Austin telah mengumumkan AS akan menyediakan empat sistem roket HIMARS presisi yang lebih canggih ke Ukraina. “Ukraina membutuhkan daya tembak dan amunisi untuk menahan serangan (Rusia) ini dan untuk menyerang balik,” katanya.

Selain itu, AS akan memberikan amunisi tambahan dipandu beberapa peluncuran roket sistem (GMLRS), yang secara tepat dapat menyerang target hingga 80km (50 mil) jauhnya. Uni Eropa akan memobilisasi bantuan militer tahap kelima sebesar €500 juta untuk lebih mendukung Ukraina. Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan kawasan itu "tetap fokus dan teguh dalam mendukung Ukraina, bersama dengan mitra".

Lithuania akan menawarkan dukungan militer tambahan kepada Ukraina, Kementerian Pertahanan Lithuania mengumumkan pada Rabu (20/7/2022). Itu termasuk dalam paket adalah pengangkut personel lapis baja M13 dan M577, serta amunisi untuk pelatihan cadangan. Uni Eropa telah menyetujui babak baru sanksi terhadap Rusia, kali ini menargetkan ekspor emasnya, serta individu dan entitas.

Langkah ini menandai paket hukuman ketujuh dan akan melihat aset dibekukan di bank terbesar Rusia, Sberbank, dengan beberapa nama lagi ditambahkan ke daftar hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *